DetikNews
Rabu 27 Desember 2017, 19:33 WIB

Soal Penerima Duit e-KTP Hilang, KPK: Nama-nama Itu Nggak Hilang

Haris Fadhil - detikNews
Soal Penerima Duit e-KTP Hilang, KPK: Nama-nama Itu Nggak Hilang Ketua KPK Agus Rahardjo/kanan (Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Setya Novanto
Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo menjelaskan soal tudingan hilangnya sejumlah nama terduga penerima uang e-KTP dalam dakwaan Setya Novanto. Menurutnya, hal itu terjadi karena Novanto bukan pihak pemberi uang.

"Pak Sugiharto dan Irman, mereka memberi ke banyak pihak. Yang disebutkan itu kan diberi semua. Kalau Pak Setya Novanto memberi ke siapa? Kan tidak memberi ke Pak Ganjar, kan nggak ada kan," kata Agus di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2017).

Menurut Agus, saat ini jaksa KPK fokus pada dugaan keterlibatan Novanto dalam perkara korupsi e-KTP. Nama-nama yang disebut dalam dakwaan terdakwa sebelumnya juga tetap ada.

"Fokus ke masalahnya Pak Novanto. Nama-nama itu nggak akan hilang," ujarnya.

Selain itu, Agus mengatakan Novanto belum mengajukan diri sebagai justice collaborator. "Belum, belum nerima (pengajuan diri Novanto sebagai justice collaborator)," kata Agus.

Dia memastikan pihak jaksa pada KPK sudah siap menjawab eksepsi Novanto dalam persidangan Kamis (28/12) besok. Menurutnya, pemberian jawaban tersebut adalah hal biasa dalam proses persidangan.

"Kan prosedur biasa kan. Besok kita akan jawab eksepsinya. Teman-teman jaksa pasti siap," ujar Agus.
(HSF/fdn)
FOKUS BERITA: Sidang Setya Novanto
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed