Sudah 17 Jam, 1 Pekerja Apartemen Pakubuwono Spring Tertimbun Puing

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 27 Des 2017 15:40 WIB
Lokasi tewasnya pekerja proyek Apartemen Pakubuwono Spring. (Audrey-detikcom)
Jakarta - Petugas masih berupaya mengevakuasi seorang pekerja proyek apartemen Pakubuwono Spring. Sudah 17 jam pekerja tersebut tertimpa bagian bangunan apartemen yang ambruk.

"Sudah dari jam 8 malam. Hingga sekarang sudah 17 jam (lebih)," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto, kepada wartawan di lokasi kejadian di Jl Cut Nyak Arief, Grogol Selatan, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2017).

Evakuasi korban terkendala dengan pengangkatan bagian beton yang menimpa pekerja. Petugas harus memastikan pengangkatan beton tidak membuat ambruk konstruksi bagian bangunan yang lain.

"Yang itu (meninggal) karena ketimpa, tiga-tiganya. Yang ini (jenazahnya) kelihatan dari luar tapi tidak bisa ditarik sehingga harus diangkat dulu baru kita tarik," ujarnya. "Itu kan beton ya," sebut Mardiaz.

Alat berat sudah disiapkan untuk proses evakuasi. Petugas masih mengupayakan agar evakuasi tidak berdampak pada konstruksi bangunan apartemen lainnya.

"Sekarang lagi melakukan pengelasan yang menyambung-nyambungkan karena adanya konstruksi yang bergeser sehingga konstruksi yang utama di las dulu, diperkuat dulu baru nanti akan diangkat," imbuhnya.

Pekerja konstruksi dari PT Tunas Jaya Sanur yang mengalami luka adalah Aris Suryanto (33), Muklas (44), dan Idris bin Sobari (28). Sedangkan tiga korban tewas adalah Adi alias Bima (30), Khoirul Mas'um (35), dan Dedi Irawan.

(yld/fdn)