DetikNews
Rabu 27 Desember 2017, 12:54 WIB

Ssttt... Begini Gambaran Perombakan Formasi Baru Golkar

Ahmad Toriq - detikNews
Ssttt... Begini Gambaran Perombakan Formasi Baru Golkar Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Ketum baru Golkar Airlangga Hartarto akan merombak besar-besaran kepengurusan 'partai beringin'. Golkar hampir dipastikan mengganti sekjen, ketua fraksi, dan bendahara umum.

"Sekjennya antara Happy Bone atau Ibnu Munzir," kata politikus senior Golkar Yorrys Raweyai saat dihubungi, Rabu (27/12/2017).


Jabatan ketua harian akan dihapus. Lalu akan ada posisi wakil ketua umum, yang jumlahnya tak akan lebih dari enam kursi. Para wakil ketua umum baru akan diminta fokus bekerja pada pemenangan Golkar di pilkada dan pemilu.

Ketua Fraksi Golkar DPR akan dilepas dari pelukan Robert J Kardinal dan mungkin dialihkan kepada Melchias Markus Mekeng. Kursi Ketua Badan Anggaran DPR, yang kini diduduki Aziz Syamsuddin, mungkin juga akan dilepas dari pria yang ditunjuk Setya Novanto jadi calon Ketua DPR itu.

Robert J Kardinal tak hanya akan kehilangan kursi Ketua Fraksi Golkar DPR, posisi Bendahara Umum Golkar juga akan dilepas dari pria berkacamata itu. Formasi Alat Kelengkapan Dewan juga akan dirombak.


Untuk posisi Ketua DPR, Yorrys mengatakan sudah mengerucut ke tiga orang, yaitu Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Aziz Syamsuddin.

"Sekarang begini, kalau masih ada cerminan status quo di situ, kalau nggak bersih, ini susah untuk pergerakan. Poinnya adalah Ketua Umum akan merevitalisasi kepengurusan untuk menghilangkan stigma status quo, untuk menghilangkan ada kesan indikasi korupsi," beber Yorrys.

"Sesuai slogan 'Golkar Bersih, Golkar Bangkit, Golkar Menang, Jokowi 2 Periode'," imbuhnya.
(tor/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed