DetikNews
Senin 25 Desember 2017, 14:10 WIB

Diduga Diracun, Gajah Betina yang Hamil Tua Ditemukan Tewas

Agus Setyadi - detikNews
Diduga Diracun, Gajah Betina yang Hamil Tua Ditemukan Tewas Foto: BKSDA Aceh
Aceh - Seekor gajah betina Sumatera ditemukan mati di Desa Seuneubok Bayu, Kecamatan Indra Makmur, Aceh Timur, Aceh. Saat dilakukan autopsi, petugas menemukan janin di dalam perut hewan bertubuh besar tersebut.

"Penyebab kematian diduga kuat karena racun. Berdasarkan autopsi tim dokter, terdapat tanda kehitaman di kotoran, usus, dan jantung yang mengindikasikan kematian karena racun," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo kepada wartawan, Senin (25/12/2017).

Gajah betina yang diperkirakan berusia 25 tahun itu ditemukan mati pada Rabu (20/12) lalu. Setelah mendapat informasi, petugas BKSDA turun ke lokasi. Tim dokter kemudian melakukan autopsi dengan mengambil sampel kotoran, usus, ginjal, dan jantung untuk diperiksa di laboratorium.

Pada saat proses autopsi itulah petugas mengetahui hewan berjulukan 'Po Meurah' tersebut tengah hamil. Petugas menemukan janin gajah berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia 13 sampai 14 bulan.

Menurut Sapto, berdasarkan keterangan dari seorang warga, gajah tersebut diduga memakan pupuk di perkebunan warga beberapa hari sebelum ditemukan mati. Meski demikian, belum diketahui jenis pupuk ataupun racun yang dimakan hewan berbelalai itu.

"Untuk itu, kepastian jenis racun apakah dari pupuk yang dimakan atau dari racun lain serta apakah ada unsur kesengajaan atau tidak, menunggu hasil laboratorium," jelas Sapto.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed