DetikNews
Senin 25 Desember 2017, 13:58 WIB

Berbagai Tanggapan Pengunjung Terkait Penataan Pasar Tanah Abang

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Berbagai Tanggapan Pengunjung Terkait Penataan Pasar Tanah Abang Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom
Jakarta - Jalan Jatibaru di depan Stasiun Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dipadati pengunjung saat libur Natal hari ini. Berbagai tanggapan diberikan pengunjung terkait konsep baru penataan kawasan Pasar Tanah Abang oleh Pemprov DKI.

Pantauan di Jalan Jatibaru depan Stasiun Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (25/12/2017), lapak pedagang kaki lima (PKL) dipadati pengunjung. Kebanyakan dari mereka datang dari arah stasiun dan langsung menuju para PKL.

Berbagai Tanggapan Pengunjung Terkait Penataan Pasar Tanah AbangMasih ada sejumlah pengendara motor bandel yang melintas di Jalan Jatibaru Raya di depan Stasiun Pasar Tanah Abang. (Marlinda/detikcom)
Ada pengunjung yang langsung mendatangi pedagang pakaian hingga pedagang aksesori. Salah seorang pembeli, Herman, mengaku sengaja datang ke Pasar Tanah Abang bersama keluarga untuk mengisi liburan sembari melihat konsep baru Tanah Abang.

"Ya mau coba-coba aja. Mau lihat (konsep Tanah Abang yang baru)," kata Herman saat ditemui di lokasi.

Ia pun mengaku merasakan perbedaan dari penataan Tanah Abang itu. Menurutnya, penataan ini membuat para PKL tampak lebih teratur dan rapi.

"Sekarang enak (Tanah Abang). Udah lebih teratur. Lebih rapi," katanya.

Berbagai Tanggapan Pengunjung Terkait Penataan Pasar Tanah AbangFoto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom
Hal yang sama diungkapkan Inggrid, yang datang bersama teman-temannya. Ia mengaku memilih mengisi liburan untuk menengok konsep penataan Tanah Abang yang baru.

"Ini dari Buaran, naik kereta. Pingin jalan-jalan lihat Tanah Abang buat ngisi liburan," ungkapnya.

Kendati konsep baru dari penataan Tanah Abang ini dianggapnya lebih memudahkannya, tapi ia juga menilai ada kekurangan dari penataan ini. Menurutnya, jalan yang disediakan untuk pembeli sangatlah sempit.

"Sebenarnya sih lebih enakan kayak gini sih tapi lebih semrawut juga. Tapi lebih enak jalannya nggak jauh juga. Jadi lebih sempit buat jalan. Tapi lebih gampang," tuturnya.

Namun ada juga pengunjung yang merasa konsep baru Tanah Abang tersebut menjadi hambatan untuk menuju pusat perbelanjaan. "Dulu saya tiap turun dari kereta langsung pasar. Sekarang ribet ya," ketus pengunjung lainnya.



Di depan Stasiun Tanah Abang, terlihat sejumlah pengunjung yang tampak kebingungan mencari transportasi umum, seperti angkot dan ojek online. Mereka menunggu di halte yang ada di depan stasiun.

"Ini kalau mau naik angkot gimana ya?" tanya salah seorang pengunjung.

"Di sini nggak bisa Bu, harus di luar sana. Naik bus itu (TransJakarta Tanah Abang Explorer) dulu Bu," jawab pengunjung lainnya.
(nvl/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed