Menag Lukman Sayangkan Otoritas Hong Kong Tolak Ustaz Somad

ADVERTISEMENT

Menag Lukman Sayangkan Otoritas Hong Kong Tolak Ustaz Somad

Faiq Hidayat - detikNews
Minggu, 24 Des 2017 19:39 WIB
Foto: Menag Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyayangkan peristiwa ustaz Abdul Somad ditolak masuk ke Hong Kong. Lukman minta pihak otoritas Hong Kong bisa menjelaskan peristiwa tersebut.

"Amat disayangkan peristiwa yang mestinya tak perlu terjadi ini. Pihak otoritas Hongkong perlu jelaskan apa masalahnya," cuitan Lukman Hakim Saifuddin yang dikutip detikcom dalam akun twitter @lukmansaifuddin, Minggu (24/12/2017).



Dalam twitter, Lukman juga menjawab pertanyaan salah satu pengguna akun twitter @Febyfiona. Feby menanyakan bawah screening merupakan hak imigrasi.

"Maaf pak menteri, bukannya screening itu hak mutlak imigrasi?" cuit akun twitter @Febyfiona.

Kepada Feby, Lukman membenarkan hak imigrasi dalam proses screening. Namun Hong Kong disebut Lukman sebagai negara sahabat seharusnya menjelaskan masalah apa yang terjadi kepada pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong.

"Benar sekali. Tapi sebagai negara sahabat, ada baiknya dan sepantasnya kalau pihak Indonesia diberitahu masalahnya," tutur Lukman.



Sebelumnya diberitakan, ustaz Somad mengaku mengalami perlakuan tidak menyenangkan ketika berkunjung ke Hong Kong. Dia menjelaskan hal itu melalui fanpage Facebook-nya.

Begitu turun dari pesawat, dirinya dihampiri beberapa orang petugas dan langsung menanyakan identitas, latar belakang pendidikan hingga keterkaitan dengan ormas dan politik.

"Mereka jelaskan bahwa negara mereka tidak dapat menerima saya. Itu saja, tanpa alasan. Mereka langsung mengantar saya ke pesawat yang sama untuk keberangkatan pukul 16.00 WIB ke Jakarta," kata ustaz Somad. (fai/jor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT