DetikNews
Jumat 22 Desember 2017, 18:30 WIB

Jelang Libur Natal Dan Tahun Baru

Kakorlantas Naik Moge Touring Sisir Purwakarta-Brebes

Indra Komara - detikNews
Kakorlantas Naik Moge Touring Sisir Purwakarta-Brebes Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengendari moge touring mengecek jalur Purwakarta-Brebes (Indra Komara/detikcom)
Purwakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengecek jalur liburan Natal dan Tahun Baru 2018 di Jalan Tol Cikopo, Jawa Barat. Royke tiba di Pos Cikopo Polres Purwakarta setelah melakukan pemantauan udara ke beberapa jalur libur di Jawa Barat.

"Tadi berangkat dari lapangan Mabes Polri terbang menuju Merak. Kemudian telusuri jalan tol Jakarta-Merak juga masih lancar, kondusif. Saya didrop di sini karena harus meneruskan lewat darat ke arah Pantura," kata Royke di Pos Cikopo, Jumat (22/12/2017).

Setelah diwawancarai wartawan, Royke kemudian memantau jalur Purwakarta-Brebes menggunakan motor gede (moge). Royke kemudian mengenakan jaket dan perlengkapan bermotor lengkap, seperti helm dan sarung tangan.

"Kita naik motor ajalah. Perlengkapan saya mana? Pakai jaket nggak ya. Jaket deh dingin. Jaket yang hitam ya," ujarnya.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengendari moge touring cek jalur Purwakarta-BrebesKakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengendarai moge touring mengecek jalur Purwakarta-Brebes (Indra Komara/detikcom)

Royke menggunakan motor gede polisi bermerek BMW. Diakuinya, menunggangi motor gede bukanlah kegiatan yang sering ia lakukan.

"Nggak biasa sebenarnya, ini bukan hobi saya," kata Royke seraya tertawa.

Dari hasil pemantauannya di Pelabuhan Merak pagi tadi, Royke mengatakan tidak ada penumpukan kendaraan. Arus lalu lintas menuju pelabuhan juga terpantau kondusif meski ada antrean kendaraan.

"Di sana tadi pagi sekitar pukul 09.15 WIB masih cukup sepi, meskipun ada kenaikan di hari biasa, tapi masih sangat kondusif. Antrean tidak begitu panjang, semua dermaga berfungsi," paparnya.

Pengecekan arus mudik Natal dan tahun baru ini akan terus dilakukan. Royke memprediksi puncak arus mudik akan terjadi malam ini.

"Puncaknya nanti bisa 35 persen itu terjadi hari ini kalau jamnya malam, berangsur-angsur sore ini sampai malam. Jadi akan bergeser puncak kepadatan itu ke arah Palimanan dan berujung di Brexit," jelasnya.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed