DetikNews
Jumat 22 Desember 2017, 17:56 WIB

Sandi Sebut Penataan PKL di Jakarta akan Berbasis Komunitas Lokal

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sandi Sebut Penataan PKL di Jakarta akan Berbasis Komunitas Lokal Suasana baru Tanah Abang yang ditata Anies (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Anies Rombak Tanah Abang
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan konsep penataan pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan Tanah Abang belum tentu akan diterapkan di kawasan lain. Menurutnya, setiap kawasan memiliki permasalahan masing-masing.

"Tergantung. Semua penataan itu harus berbasis komunitas lokal," kata Sandi di Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (22/12/2017).


Menurut Sandi, setiap penataan harus berbasis komunitas lokal di kawasan yang akan ditata. Konsep penataan di Tanah Abang, kata Sandi, murni karena kebutuhan penciptaan lapangan kerja di kawasan tersebut.

"Memuliakan pejalan kaki, memastikan integrasi, akhirnya kami capai sebuah penataan yang itu hanya jangka pendek saja," ujar Sandi.


Dia menambahkan, nantinya konsep penataan jangka panjang di Tanah Abang akan berbasis Transit Oriented Development (TOD). Sementara, untuk kawasan lain konsep penataan akan mengedepankan kekhasan masing-masing.

"Tapi, di tempat-tempat lain akan ada kekhasan dan kearifan lokalnya," tuturnya.


Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini memberlakukan konsep baru penataan kawasan Pasar Tanah Abang. Akses transportasi hingga penempatan PKL mulai diubah hari ini.

Ada beberapa perubahan konsep kawasan Pasar Tanah Abang. Pertama, jalan di sepanjang Stasiun Tanah Abang di Jl Jati Baru Raya akan ditutup. Perubahan kedua, PKL yang biasa berjualan di kawasan Pasar Tanah Abang akan dipindahkan ke depan jalan yang berada di depan Stasiun Tanah Abang.
(jbr/jbr)
FOKUS BERITA: Anies Rombak Tanah Abang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed