DetikNews
Jumat 22 Desember 2017, 16:54 WIB

Antisipasi Macet, Polisi Siapkan Rekayasa Buka-Tutup Jalur Tol

Zunita Amalia Putri - detikNews
Antisipasi Macet, Polisi Siapkan Rekayasa Buka-Tutup Jalur Tol Ilustrasi macet di tol (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Kepadatan kendaraan di beberapa jalan tol jelang libur Natal dan Tahun Baru sudah dirasakan di beberapa titik saat ini. Untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di tol, Jasamarga bakal menggandeng kepolisian.

"Untuk keamanan ketertiban lalu lintas saat ini memang kita ketahui sudah mulai padat dari sejak kemarin dan kemudian hari ini demikian juga sampai siang hari, ini kita dapat laporan terjadi kepadatan di Cipularang," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2017).



Martinus mengatakan untuk mengurai macet pihaknya akan menggunakan sistem tutup buka di beberapa jalan tol. Opsi menggratiskan biaya tol di ruas jalan tertentu pun masuk pertimbangan.

"Dan kami juga sudah diberi satu keleluasaan dari Jasa Marga untuk mengelola jalan, khususnya jalan tol ini. Sehingga, kami bisa membuka menutup atau bahkan menggratiskan satu ruas jalan tertentu apabila adanya kepadatan yang ditimbulkan oleh pembayaran tol," jelas dia.

Martinus mengatakan Korlantas Polri juga sudah menyiapkan rekayasa buka-tutup di sejumlah titik di sepanjang jalur tol Pantura. Diprediksi kemacetan terjadi pada Sabtu (23/12) besok.

"Pihak Korlantas Polri sudah membagi beberapa titik di sepanjang jalur tol Pantura untuk mengatur buka tutupnya. Saat ini memang terjadi kepadatan dan kita prediksi sampai siang hari besok kepadatan itu akan terjadi," kata dia.

Ia menambahkan saat ini kepadatan sudah terjadi di tol Cikarang Utama hingga Cikampek, "Di Cikarang Utama sampai kepada wilayah Cikampek. Kemarin 2 sisi dari arah Bandung juga demikian dan arah ke Cikampek juga demikian, ada sampai perjalanan hampir 5-7 jam," tutur Martinus.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed