Dari Papua Barat, Jokowi Menuju Bali untuk Bahas Gunung Agung

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 22 Des 2017 14:22 WIB
Foto: Danu Damarjati/detikcom
Raja Ampat - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninggalkan Raja Ampat Papua menuju Bali. Dia akan mengadakan rapat soal dampak erupsi Gunung Agung terhadap ekonomi Pulau Dewata.

"Rapat baik yang berkaitan dengan Gunung Agung, juga tentang ekonomi," kata Jokowi di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12/2017).

Bali justru menjadi lokasi rapat karena satu alasan. "Kita ingin menunjukkan Bali itu aman. Aman dipakai untuk akhir tahun," kata Jokowi.

Dia tak ingin muncul persepsi bahwa Bali sudah tidak aman gara-gara ada letusan gunung berapi. Apalagi tak semua tempat di Bali dekat dengan Gunung Agung.

Jokowi mengajak menteri-menterinya untuk terbang bareng ke Bali. Menteri Kesehatan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Luar Negeri, dan Panglima TNI masuk pesawat CN 295 untuk ke Bali menghadiri rapat yang bakal dipimpin Jokowi nanti malam.

Saat Jokowi tiba di bandara pukul 13.48 WIT, hujan turun deras. Namun pada saat Jokowi dan Iriana masuk dipayungi, pukul 14.05 WIT, hujan berhenti. Pesawat kemudian terbang meninggalkan Bandara. (dnu/bag)