DetikNews
Jumat 22 Desember 2017, 12:29 WIB

Datangi SMPN 32, DPRD DKI Minta Gedung Cagar Budaya Diprioritaskan

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Datangi SMPN 32, DPRD DKI Minta Gedung Cagar Budaya Diprioritaskan Anggota DPRD DKI tinjau SMPN 32 yang ambruk (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Anggota DPRD DKI Jakarta mendatangi SMPN 32 Tambora, Jakarta Barat, yang ambruk. Mereka meminta Pemprov DKI Jakarta untuk bertindak cepat menangani masalah tersebut.

Anggota dewan yang datang yaitu Ketua Komisi E Syahrial dan wakilnya, Ashraf Ali. Syahrial menyebut gedung di sekolah itu merupakan cagar budaya yang seharusnya diprioritaskan rehabilitasinya.


"Jadi kita akan mengimbau pada bapak gubernur supaya menyelesaikan masalah ini dengan baik, menyelesaikan masalah ini dengan tidak menimbulkan masalah baru," ujar Syahrial di SMPN 32 Tambora, Jakarta Barat, Jumat (22/12/2017).

"Barangkali perlu dibuat suatu kriteria untuk gedung yang cagar budaya, ini prioritasnya harus tidak disamakan dengan gedung biasa," imbuh Syahrial.

Dia menyebut pihak sekolah sudah pernah mengajukan permintaan untuk renovasi gedung. Namun hingga kini permintaan itu belum dipenuhi karena dianggap tidak prioritas.

"Nyatanya sejak 2015 diajukan untuk rehab gedung ini tapi belum disetujui alasannya katanya tidak prioritas. Masalah prioritas itu juga harus ada pemahaman bersama, prioritas yang dipakai untuk gedung-gedung normal, bukan cagar budaya itu berbeda dengan cagar budaya. Kalau gedung biasa itu jadi prioritas, cagar budaya itu nanti super prioritas mestinya, jadi perhatian," ujar Syahrial.


Di tempat yang sama, Ashraf menilai kejadian ini merupakan akibat dari kelalaian Dinas Pendidikan (Disdik). Dia menilai adanya koordinasi yang terlambat oleh dinas terkait soal perawatan gedung.

"Karena ini ada di areal sekolah berarti full tanggung jawabnya Dinas Pendidikan. Kalau tidak ada respons dinas lain saya rasa bukan persoalan. Ini keterlambatan koordinasi, Sudin sudah mengusulkan kepada Dinas, tapi saya menilai Dinas Pendidikan ini lalai," ujarnya.

Bangunan cagar budaya yang berada di lingkungan SMPN 32 roboh Kamis, 21 Desember, siang (21/12). Cagar budaya yang dimaksud memiliki 2 lantai dan yang roboh bangunan pada lantai 2.
(abw/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed