DetikNews
Kamis 21 Desember 2017, 17:39 WIB

Jasa Marga Siapkan Ini Antisipasi Macet Mudik Natal-Tahun Baru

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jasa Marga Siapkan Ini Antisipasi Macet Mudik Natal-Tahun Baru Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Jasa Marga menyiapkan sejumlah cara mengantisipasi kemacetan di ruas tol selama liburan Natal dan Tahun Baru. Antisipasi dilakukan mulai dari penambahan rest area hingga menghentikan sementara pengerjaan sejumlah proyek pembangunan di ruas tol.

"Fokus kami bagaimana layanan transaksi lancar sehingga tidak ada antrean dan memastikan lajur jalan tol tidak ada gangguan," kata Manager Corporate Secretary PT Jasa Marga, Agus Setiawan di kantornya, Taman Mini, Jakarta Timur, Kamis (21/12/2017).

Jasa Marga memprediksi ada sekitar 106 ribu kendaraan yang keluar dari jakarta melalui gerbang Tol Cikarang Utama. Untuk mengatasi antrean di gerbang tol tersebut, Jasa Marga menyiapkan alat pembaca kartu e-toll mobile.

"Kelancaran di gerbang tol kan sekarang transaksi kita pakai non tunai dan antisipasi antrean kita siapkan reader alat untuk membaca kartu elektronik yang mobile dibawa petugas kita," kata Agus.

Hal tersebut dilakukan sebab transaksi pembayaran di gerbang tol sudah memakai transaksi non tunai. Agus menambahkan Jasa Marga juga menyediakan alat untuk top up kartu e-Toll.

"Untuk top up (e-Toll) akan menyediakan mobile banking di tempat istirahat, ada juga di semua kantor gerbang tol dan di beberapa gardu tol yakni di gardu tol Pondok Gede Barat dan gardu tol Pondok Gede Timur," kata Agus.

Selain itu, rest area di ruas tol Jakarta Cikampek akan ditambah selama liburan Natal dan Tahun baru. Rest area tersebut berada di KM 15 Jakarta arah Cikampek.

"Kita tambahkan fasilitas pendukung saat ini kita akan tambahkan rest area KM 15 Jakarta arah Cikampek. Kita siapkan juga petugas dengan berkoordinasi dengan petugas kepolisian bila memungkin dilakukan sistem buka tutup," paparnya.


(ibh/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed