Jokowi Siapkan Rp 48 M untuk Tingkatkan Kualitas RS di Nabire

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 21 Des 2017 10:15 WIB
Foto: Presiden Jokowi dan Menkes Nila meninjau poliklinik di Nabire. (Danu-detikcom)
Nabire - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau rumah sakit di Nabire, Papua. Dia menjanjikan peningkatan kualitas semua rumah sakit di Nabire.

Jokowi menyatakan hal tersebut saat meninjau Poliklinik Spesialis BLU RSUD Nabire, Jl RE Martadhinata, Nabire, Papua, Kamis (21/12/2017). Rumah Sakit Tipe C ini bakal menjadi Tipe B supaya bisa melayani lebih banyak pasien.

"Ini disiapkan dulu oleh Kementerian Kesehatan dari (tipe) C ke B, untuk kemudian nanti daerah di sekitar Nabire ada enam kabupaten yang bisa ikut menikmati layanan di RSUD," kata Jokowi.

Jokowi mengunjungi rumah sakit ini bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Hadir pula Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Nabire Isaiah Douw. Poliklinik Spesialis BLU RSUD Nabire ini hasil pembangunan kerja sama pihak pemerintah daerah dengan Kementerian Kesehatan.

"Rumah sakitnya juga bersih. Ini adalah tipe C," kata Jokowi.



Dia menjanjikan akan ada biaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan seperti ini di Nabire. Biayanya berasal dari pusat dan dari daerah.

"Nanti tahun depan ini disiapkan dana juga dari Kementerian Kesehatan Rp 48 miliar lagi untuk menaikkan dari untuk menaikkan 'grade'-nya ke B. (Dana itu) Untuk membeli peralatan kesehatan, juga dari Provinsi ada tambahan Rp 22 miliar juga melengkapi yang belum ada, (ada pula dana) tambahan dari Kabupaten," tutur Jokowi.

Pelayanan untuk warga kurang mampu di sini sama saja dengan pasien di daerah lainnya, caranya menggunakan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan, dan Kartu Papua Sehat (KPS). (dnu/idh)