DetikNews
Rabu 20 Desember 2017, 14:29 WIB

Menkumham: Lapas Overkapasitas, Setahun Masuk 24 Ribu Orang

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Menkumham: Lapas Overkapasitas, Setahun Masuk 24 Ribu Orang Menkumham Yasonna Laoly (Lamhot Aritonang/detikFoto)
Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menyoroti soal overkapasitas di lapas Indonesia. Jumlah tahanan yang masuk setiap tahun tidak sebanding dengan pembangunan lapas.

Yasonna menjelaskan penambahan tahanan rata-rata per bulan sekitar 2.000 orang. "Jadi setahun itu 24 ribu orang," katanya di kantor Kemenkumham, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2017).

Sementara itu, pembangunan lapas pada 2017, menurut Yasonna, hanya mampu menambah kapasitas untuk 5.000 tahanan. Pembangunan lapas dengan jumlah tahanan yang masuk setiap tahun tidak sebanding. Karena itu, pihaknya terus mencari cara agar tidak terjadi overkapasitas di lapas.

"Overkapasitas tetap menjadi catatan kita. Ada beberapa pendekatan. Bahwa dari segi membangun (lapas) kita tidak mampu secara finansial," ujarnya.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Yasonna adalah dengan meredistribusi tahanan di suatu wilayah ke lapas-lapas yang masih kosong. Sebab, overkapasitas di lapas ini bisa menimbulkan kericuhan antartahanan.

"Lalu sudah melakukan redistribusi. Misalnya dari Jakarta, Jawa Barat, itu karena Jateng masih kosong, itu kita redistribusi ke Jawa Tengah," imbuhnya.

Yasonna juga memastikan permasalahan yang terjadi di Lapas Riau beberapa bulan lalu tak akan terulang kembali. Sekitar 14 ribu sipir yang baru direkrut di CPNS pun diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada di lapas.

"Permasalahan di lapas ini harus cepat dideteksi. SOP harus ditegakkan, penguatan SOP betul-betul dilaksanakan dan dengan penambahan 14 ribu sipir lapas yang baru kita terima. Yang baru dan per Januari (2018) sudah bekerja, ini kita beri pelatihan-pelatihan dan kita beri orientasi kita harapkan rencana membaik," tuturnya.
(knv/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed