DetikNews
Selasa 19 Desember 2017, 18:56 WIB

Deretan Orang Terkaya Palestina

Erwin Dariyanto - detikNews
Deretan Orang Terkaya Palestina Foto: Reuters
Jakarta - Pemerintah Arab Saudi akhir pekan lalu menahan Sabih al-Masri, salah seorang miliarder asal Palestina. Direktur Arab Bank itu dimintai keterangan terkait kunjungan bisnisnya ke Riyadh. Sabih kemudian dibebaskan oleh Arab Saudi. Selain Sabih al-Masri, siapa saja konglomerat Palestina?

Penelusuran detikcom, Sabih al-Masri memang berasal dari keluarga miliarder. Dia adalah keponakan Munib al-Masri, orang terkaya di Palestina.

Dikutip dari rinchincomeways.com, Munib, yang lahir di Nablus, Palestina, pada 1934, terkenal akan julukan 'Rostchild-nya Palestina'. Dia berada di urutan pertama dari 10 orang terkaya di Palestina. Hingga akhir 2016, kekayaannya tercatat mencapai USD 5 miliar.

Perusahaannya bergerak di bidang telekomunikasi, pembangunan, perbankan, keuangan, dan pariwisata. Pundi-pundi kekayaannya juga banyak berasal dari bisnis minyak dan gas. Selain berbisnis, Munib seorang filantropi.

Munib adalah salah satu orang dekat dan kepercayaan mendiang pemimpin Palestina, Yasser Arafat. Pernah tiga kali ditawari jabatan Perdana Menteri Palestina, tapi dia menolak. Pada 1993, setelah disepakati perdamaian Oslo, Norwegia, antara Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzak Rabin, Masri mendirikan Padico (Palestine Development and Investment Ltd).

Padico berinvestasi di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Dia juga mendirikan kelompok Edgo (industri, perdagangan, kesehatan, pendidikan, distribusi), yang mengawasi 29 perusahaan di Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara.

Di urutan kedua orang terkaya Palestina ada nama Adil al-Ishaq. Dia menaungi bisnis keluarga di bawah bendera Al-Ishaq Group. Hingga akhir 2016, lelaki kelahiran Palestina yang lebih banyak tinggal di Amerika Serikat (AS) ini memiliki kekayaan hingga USD 4,7 miliar.

Steve Wynn menempati urutan ketiga di deretan orang terkaya Palestina. Meski lahir dan besar di AS, sebenarnya dia berdarah Palestina. CEO of Wynn Resorts ini berkiprah di bidang properti dan hotel di Las Vegas dan Atlantic City. Nilai kekayaannya mencapai USD 2,8 miliar.

Pengusaha Bashar al-Masri, yang membangun Rawabi City di Palestina dengan nilai investasi US$ 1,4 miliar (Rp 19 triliun), menjadi orang keempat terkaya di Palestina. Dia memiliki kekayaan sebesar US$ 1,5 miliar.

Baca juga: Bashar Masri, Melawan Israel dengan Megaproyek Rawabi


(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed