DetikNews
Selasa 19 Desember 2017, 17:48 WIB

Mengapa Suami Tega Mutilasi dan Bakar Potongan Tubuh Sales Cantik?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Mengapa Suami Tega Mutilasi dan Bakar Potongan Tubuh Sales Cantik?
FOKUS BERITA: Mutilasi Sales Cantik
Bandung - Kriminolog Universitas Padjadjaran, Bandung, Yesmil Anwar menyebut ada dua motif yang melatarbelakangi M Kholil membunuh dan memutilasi istrinya, Nindya alias Nindy. Persoalan dendam dan masalah duit menjadi persoalan.

"Jadi ada dua, pertama karena hubungan sosial dendam serta motif ekonomi karena pelaku terus didorong memenuhi kebutuhannya," ucap Yesmil saat berbincang dengan detikcom via sambungan telepon, Selasa (19/12/2017).

Menurut Yesmil, rasa dendam memang dapat memicu setiap orang melakukan pembunuhan. Terlebih apabila rasa dendam itu telah membekas cukup lama di benak pelaku.

"Lalu dalam konteks ini, kejahatan yang terjadi di dalam keluarga memang terbilang lebih sadis. Ada beberapa contoh, salah satunya seperti penembakan dokter di Jakarta beberapa waktu lalu," ujarnya.

Untuk kasus mutilasi sendiri, sambung Yesmil, aksi tersebut dilakukan secara spontan. Ia memandang pelaku hanya berniat menghilangkan jejak korban.

"Lalu mutilasi yang dilakukan oleh pelaku, saya melihatnya ini sebagai suatu keinginan menyembunyikan jejak. Lalu pelaku membakar mayat yang telah dimutilasi, menurut saya ini murni untuk menghilangkan jejak saja. Bahkan ada yang lebih parah pernah terjadi di Bandung kasus mutilasi sampai direbus. Sadis atau tidaknya ini bagaimana orang melihatnya saja," tutur Yesmil.

Disinggung soal perilaku Kholil yang terbilang santai setelah menghabisi nyawa istrinya, Yesmil menilai wajar. Sebab, ia beranggapan pelaku telah selesai menjalankan tujuannya membunuh sang istri.

"Karena dia merasa tugasnya sudah selesai. Jadi ngapain buru-buru. Lalu dia juga bisa dibilang merasa percaya diri karena telah menghilangkan jejak sehingga tidak akan ada penyelidikan," kata Yesmil.

Kholil nekat menghabisi nyawa istrinya sendiri. Tenaga pemasaran cantik tersebut dipukul dan tewas terjatuh ke lantai. Setelah korban tak bernyawa, Kholil memutilasi tubuh Nindy. Ia membuang potongan tubuh sang istri ke beberapa tempat. Bahkan ia membakar jasad Nindy.
(asp/asp)
FOKUS BERITA: Mutilasi Sales Cantik
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed