Golkar Dorong Pansus Angket KPK Segera Diakhiri

Erwin Dariyanto - detikNews
Selasa, 19 Des 2017 12:24 WIB
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -
Bambang Soesatyo.Bambang Soesatyo (Andhika Prasetia/detikcom)
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengisyaratkan partainya akan menarik diri dari Panitia Khusus Angket DPR untuk KPK. Kepastian penarikan diri itu bisa diputuskan melalui rapat Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar.

Ketua DPP Partai Golkar yang juga anggota Pansus Angket KPK, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengakui saat ini ada wacana dari kader partainya untuk menarik diri dari Pansus Angkat KPK di DPR. Wacana tak hanya dari kader, tapi juga Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Untuk itu, kata Bambang, Golkar mendorong Pansus Angket KPK di DPR untuk segera merampungkan tugasnya di masa sidang mendatang yang akan dimulai pada pertengahan Januari.

"Golkar mendorong Pansus Angket segera membuat kesimpulan dan rekomendasi sehingga pada masa sidang mendatang kerja Pansus sudah bisa mengakhiri tugasnya," kata Bamsoet kepada wartawan, Selasa (19/12/2017).


Menurut Bamsoet, yang juga Ketua Komisi III DPR RI, masa sidang mendatang, yakni 2018, sudah masuk tahun politik, sehingga DPR perlu berfokus pada tugas-tugas lain yang lebih mendesak.

Sebelumnya, Ace Hasan Syadzily mengatakan tema munaslub Golkar saat ini salah satunya ialah Golkar Bersih. Oleh karena itu, Ace yakin hal-hal yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi pasti didukung partainya.

Terkait sikap Fraksi Golkar di DPR yang sebelumnya mendukung Pansus Angket, Ace menyebut itu di bawah kepemimpinan Setya Novanto. Golkar bisa mencabut dukungan tersebut melalui rapat DPP.

"Bisa saja kita putuskan ke dalam rapat DPP Golkar secara nasional," ucap Ace. (erd/tor)