DetikNews
Senin 18 Desember 2017, 21:05 WIB

Puncak Arus Mudik Libur Natal-Tahun Baru Diprediksi 22 Desember

Audrey Santoso - detikNews
Puncak Arus Mudik Libur Natal-Tahun Baru Diprediksi 22 Desember Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa (Dokumen Korlantas Polri)
Jakarta - Puncak arus mudik libur Natal dan tahun baru tahun ini diprediksi pada 22 Desember 2017. Kepadatan arus kendaraan diperkirakan terjadi pada sore hingga tengah malam.

"(Puncak arus mudik) Jumat, 22 Desember 2017. Jam puncaknya sore sampai malamlah. Tengah malam," kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/12/2017).

Royke menyebutkan potensi kemacetan terletak pada ruas dari arah Jakarta menuju Gerbang Tol Cikarang Utama. Setelah itu, Gerbang Tol Keluar Brebes atau Brexit, Gerbang Tol Keluar Ciawi menuju Puncak tepatnya di Gadog, serta Malangbong Garut arah Gentong.

"Begitu juga di beberapa penyeberangan (kapal) feri, seperti Gilimanuk-Ketapang. Kemudian Merak-Bakauheni. Lalu kepadatan yang lain di tempat-tempat wisata Jakarta, seperti Ragunan, Ancol, TMII," ujar Royke.

Terkait strategi-strategi kepolisian dalam mengurai kemacetan, Royke mengatakan akan diterapkan sistem lawan arus atau contraflow dan jalan terus di gerbang tol jika terjadi antrean panjang kendaraan hingga berkilo-kilometer.

"Contraflow juga akan dilakukan apabila terjadi kepadatan di Cikampek, Cikarut. Kan yang banyak kendaraan yang keluar (ruas tol). Jadi lajur dari arah Bandung akan kita ambil satu lajur untuk contraflow. Kalau sudah berkepanjangan ya gate (tol) diberlakukan jalan terus," jelas Royke.
(aud/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed