DetikNews
Senin 18 Desember 2017, 19:55 WIB

Menkes: Pakai Masker Hindari Penyebaran Difteri

Zunita Amalia Putri - detikNews
Menkes: Pakai Masker Hindari Penyebaran Difteri Menkes Nila Moeloek (Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta warga menggunakan masker demi mencegah penyebaran virus difteri. Kewaspadaan ini juga harus dilakukan warga saat berlibur karena rawan penyebaran difteri.

"Kalau ada yang suspect, saya usul pakai masker," kata Nila Moeloek kepada wartawan setelah mengikuti rapat di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Senin (18/12/2017).

Nila menjelaskan difteri menyebar lewat percikan ludah, bukan udara. Karena itu, warga perlu menggunakan masker.

"Bagi yang sakit, yang batuk, tolong pakai masker untuk menghindari potensi penyebaran difteri," jelasnya.

Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteriae dan dapat menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak.

Penyakit ini memiliki masa inkubasi 2-5 hari dan akan menular selama 2-4 minggu. Selain itu, penyakit ini memiliki gejala antara lain demam, batuk, sulit menelan, selaput putih abu-abu (pseudomembran), pembengkakan pada leher, dan sulit bernapas.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada Oktober-November 2017, tercatat ada 11 provinsi yang melaporkan terjadinya KLB difteri di wilayah kabupaten/kota.

Sebelas provinsi itu adalah Sumatera Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed