DetikNews
Senin 18 Desember 2017, 18:10 WIB

Kapal Tenggelam Diterjang Ombak di Kepri, 6 Penumpang Selamat

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kapal Tenggelam Diterjang Ombak di Kepri, 6 Penumpang Selamat Foto: (Thinkstock)
Pekanbaru - Kapal sembako KM Putra Sulung di laut Kepri tenggelam setelah diterjang ombak setinggi 4 meter. Enam penumpang selamat.

Demikian disampaikan, Kepala Pencarian dan Pertolongan, Tanjungpinang di Kepri, Budi Cahyadi kepada detikcom, Senin (18/12/2017). Budi menjelaskan, pihaknya mendapat informasi adanya kapal tenggelam dari Pos TNI AL pukul 11.35 WIB.

"Begitu siang tadi dapat informasi, tim kita langsung meluncur ke lokasi tempat tenggelamnnya kapal tersebut. Tim lain seperti Basarnas, TNI AL, Polair dan Syahbandar juga melakukan pencarian terhadap para korban," kata Budi.

Tim gabungan tersebut akhirnya berhasil menyelamatkan 6 penumpang kapal yang terdiri dari 5 ABK dan 1 nakhoda. Para penumpang kapal berhasil dievakuasi ke Tanjungpinang pukul 16.00 WIB.

"Alhamdulilah, seluruh penumpang kapal sembako itu dalam keadaan selamat," kata Budi.

Dari keterangan nakhoda kapal, lanjut Budi,bahwa kapal tersebut berangkat dari Tarempa, Kab Natuna dengan tujuan Tanjungpinang di Bintan. Kapal tersebut bermuatan ikan dan sembako.

Dalam perjalannya, kata Budi, kapal tersebut diterjang ombak besar dengan ketinggian 4 meter. Terjangan ombak membuat kapal kehilangan kendali.

"Karena kondisi kapal yang sudah kehilangan kendali,para ABK dan nakhoda akhirnya terjung ke laut dengan jaket pelampung, sedangkan kapal tersebut akhirnya tenggelam," kata Budi.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed