detikNews
Senin 18 Desember 2017, 13:06 WIB

Nasida Ria, dari Tampil di Depan Raja Malaysia hingga ke Jerman

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Nasida Ria, dari Tampil di Depan Raja Malaysia hingga ke Jerman
Semarang - Jika mengira Nasida Ria hanya laku di Jawa, maka Anda keliru. Album lagu grup qasidah asal Semarang ini sudah beredar di luar negeri bahkan pernah diundang 2 kali untuk manggung di Berlin, Jerman.

Yaitu dalam acara festival musik Islam internasional seperti Die Garten des Islam tahun 1994 dan Festival Heimatklange tahun 1996.

Manggung di Eropa tidak membuat Nasida Ria mengalih bahasakan lagu mereka. Mereka bernyanyi beberapa lagu berbahasa Indonesia dan Arab seperti biasanya. Afuwah bersyukur kala itu karena respon penonton bagus.

"Alhamdulillah responnya bagus di sana. Di sana yang penting happy, joget, walau tidak tahu liriknya," ujar Afuwah sembari tertawa kepada detikcom beberapa waktu lalu.
Nasida Ria, dari Tampil di Depan Raja Malaysia hingga ke JermanFoto: angling

Tahun 1988, Nasida Ria juga pernah tampil di Malaysia, bahkan di depan raja kala itu. Mereka tampil untuk memperingati 1 Muharram. Mereka bernyanyi sesuai tema baik yang berbahasa Indonesia dan Arab.

"Kami tampil di depan raja. Lagu yang dibawakan beberpa contohnya Wulidal Huda dan Selamat Maal Hijrah," tandasnya.
Nasida Ria, dari Tampil di Depan Raja Malaysia hingga ke JermanFoto: angling

Di Indonesia, mereka ternyata juga pernah tampil di berbagai acara musik indie. Salah satunya yaitu Loenpia Jazz di TBRS Semarang. Genre musik jazz jelas sangat berbeda dengan gaya Nasida Ria. Tampil tanpa mengubah konsep, ternyata respon anak muda penggemar jazz mendengar dakwah Nasida Ria cukup bagus.

"Respon bagus, jadi dikenal juga. Semoga anak-anak muda lebih suka dengan lagu religi. Enggak yang itu-itu terus," katanya.
(alg/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed