detikNews
Senin 18 Desember 2017, 10:17 WIB

Legenda Qasidah Nasida Ria yang Ngehit hingga ke Jerman

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Legenda Qasidah Nasida Ria yang Ngehit hingga ke Jerman
Semarang - Alunan musik qasidah terdengar rancak di sebuah warung soto tepat di depan Rumah Sakit Tugurejo Semarang. Beberapa foto berisi 9 dan 13 ibu-ibu juga terpajang dengan tulisan Nasida Ria.

Tiap Hari Kurawat Wajah Nan Ayu
Untuk Suami Yang Beriman Bertaqwa
Tiap Hari Kurawat Wajah Nan Ayu
Untuk Suami Yang Beriman Bertaqwa
Tidak Akan Kuserahkan
Pada Kampret Yang Durhaka

Lantunan lagu dengan lirik unik itu terdengar akrab ketika speaker di warung soto itu berbunyi. Lagu yang dinyanyikan Nasida Ria itu memang sedang ngehits karena kerap dibuat meme berupa foto hingga video.

"Itu judulnya Wajah Ayu Untuk Siapa, sudah ada sejak tahun 80-an," kata pengelola grup Nasida Ria, Choliq Zain saat ditemui di warung bernama Soto Nasida Ria pekan lalu.

Warung soto dengan dominan cat hijau di pinggir pantura itu merupakan basecamp grup qasidah legendaris yang sudah dibentuk sejak tahun 1975 oleh ayah Choliq Zain, H. Mudrikah Zain. Bagi generasi milenial, mungkin nama Nasida Ria memang baru akrab setelah lirik 'kampret' itu viral.

"Sudah 42 tahun, rencananya bulan ini akan rilis album ke 35 berisi 5 lagu baru dan 5 lagu lama. Kalau sampai saat ini jumlah lagu Nasida Ria ya ada 400-an judul, ada lagu arabic juga," ujar Choliq sembari menyuguhkan soto Semarangan khas Nasida Ria.

Grup qasidah ini memang fenomenal karena lagu-lagunya berlirik lugas dan terkadang menggunakan frasa yang tidak pernah dipakai pada genre lagu apa pun. Namun justru lirik mereka mudah dipahami karena memang bermuatan dakwah. Keterkenalannya tak hanya di Indonesia, bahkan hingga Jerman.

"Liriknya memang lugas tidak puitis tapi orang langsung paham, ada pesan moralnya," tandas Choliq.

Gemilang Nasida Ria memang sempat meredup, namun siapa sangka karena meme 'kampret' banyak generasi muda yang mulai berkunjung ke youtube untuk mencari video klip versi lengkapnya. Padahal lagu Nasida Ria ada yang sangat terkenal contohnya "Perdamaian" yang pernah di-remake band Gigi dan 'Kota Santri' yang pernah dibawakan "Anang-Krisdayanti".
(alg/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed