DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 14:23 WIB

Polisi Apresiasi Aksi Bela Palestina di Monas Berjalan Kondusif

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polisi Apresiasi Aksi Bela Palestina di Monas Berjalan Kondusif Foto: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Polisi mengapresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mengikuti Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat. Aksi tersebut dinilai telah berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Jadi intinya kepolisian memberikan apresiasi kepada MUI dan Ormas Islam yang melaksanakan kegiatan hari ini. Semuanya berjalan lancar, kondusif. Kita terima kasih semua," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Argo juga memastikan warga yang berasal dari luar daerah bisa kembali dengan selamat. Pihaknya pun telah berkoordinasi agar tak terjadi kemacetan di jalan seusai aksi tersebut.

"Jadi kita koordinasi di lapangan, kalau yang bersangkutan butuh pengamanan kita bantu. Anggota masih di jalan untuk membantu masyarakat agar mencair, tenang dan selamat sampai rumah," ujarnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra telah memerintahkan anggotanya untuk mengawal para peserta aksi agar selamat sampai tujuan. Dia pun meminta maaf bila selama aksi digelar, masyarakat terganggu saat berlalu lintas di Jakarta.

"Dan terakhir pada saat kembalinya, ada diskresi kami. Kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat Jakarta karena sharusnya car free day berakhir pukul 11.00 WIB kami dengan situasi kepadatan yang ada di beberapa tempat. Kami tepat 10.30 WIB, satu lajur untuk di tempat itu. Karena kita sudah siapkan kantung kantung parkir tapi dengan pengalihan arus tapi terjadi kepadatan. Memang masyarakatnya banyak," tuturnya.

Selain itu, Halim juga mengimbau para peserta aksi untuk tertib berlalu lintas. Menurutnya, jangan ada lagi warga yang sampai bergantungan di mobil bak terbuka.

"Kami imbau semua, kita lakukan preventif sosialisasi, kemudian pengaturan penjagaan, kita imbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Dan kami menemukan massa menggunakan bak terbuka, kami imbau mereka jangan bergantungan di atas kap, kami sempat tegur. Ada beberapa kendaraan yang kami tegur," imbuhnya.
(knv/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed