DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 13:51 WIB

Pilkada Serentak 2018

PDIP akan Umumkan Jagoan untuk Jateng dan Jabar di Januari

Haris Fadhil - detikNews
PDIP akan Umumkan Jagoan untuk Jateng dan Jabar di Januari Foto: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Zhacky/detikcom)
Jakarta - PDI Perjuangan akan mengumumkan calon lainnya pada Pilkada Serentak 2018 di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Jawa Tengah pada Januari 2018 mendatang. PDIP kini tinggal mematangkan calon yang akan diusung di Pilgub Jateng.

"Untuk Jawa Tengah seluruh jajaran struktural partai terus bergerak ke bawah menyiapkan pasangan calon untuk diumumkan oleh bu ketua umum pada awal Januari bersama-sama provinsi lain. Jawa Barat kami nyatakan siap, Sumatera Utara siap, Sumatera Selatan siap, hanya kami umumkan di momentum yang akan datang," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Khusus untuk Jawa Tengah, Hasto memuji prestasi Ganjar Pranowo. Namun, ia belum memastikan apakah PDIP akan mengusung Ganjar atau tidak.

"Pak Ganjar Pranowo beliau sosok yang sederhana. Bahkan dari kepemimpinan pak Ganjar Pranowo, Jawa Tengah mendapat penghargaan beberapa kali dari Komisi Pemberantasan Korupsi," ucap Hasto.

Terkait disebutnya nama Ganjar dalam kasus e-KTP, Hasto enggan menanggapinya. Ia hanya memastikan PDIP tidak akan mencalonkan sosok yang berpotensi terlibat kasus hukum.

"Dalam sejarah PDI Perjuangan, kami tidak pernah mencalonkan calon tersangka," ujarnya.

Hasto juga tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai manapun di daerah manapun. Ia mengambil contoh koalisi antara PDIP dengan Golkar di Pilkada Riau 2018 nanti.

"Pak Andi Rachman, beliau tetap dalam kapasitas kader Golkar. Mengingat di Riau PDIP tidak bisa maju sendiri. Sehingga kami bekerja sama dengan kekuatan partai politik lain. Apalagi kalau kita lihat dalam sejarah partai Golongan Karya, Golkar itu yang mendirikan adalah Bung Karno, bapak bangsa kita," ucapnya.

Selain soal koalisi, Hasto juga menjelaskan untuk Pilkada 2018, partainya akan mengusung isu-isu bertema lingkungan. Menurutnya, politik hijau menjadi perhatian utama dari ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kami hadirkan pesan-pesan khusus, politik lingkungan, politik hijau yang saat ini kami tampilkan dalam pengumuman pasangan calon. Ke depan juga kita memiliki tema sangat khusus sesuai daerah yang akan diumumkan," jelasnya.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed