Melanggar Syariat, 6 Waria di Aceh Diamankan Usai Pesta di Hotel

Agus Setyadi - detikNews
Minggu, 17 Des 2017 11:53 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Banda Aceh - Enam waria di Banda Aceh diamankan warga serta ormas usai menggelar pesta di salah satu hotel berbintang di Banda Aceh. Mereka diciduk karena dianggap melanggar syariat Islam.

"Setelah kami amankan, mereka kami serahkan ke petugas Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH/Polisi Syariah) Aceh," kata Ketua Pemuda Desa Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Saimun kepada wartawan, Minggu (17/12/2017).

Penangkapan berawal dari informasi yang diperoleh warga tentang adanya kontes pemilihan ratu waria di hotel tersebut yang digelar Sabtu (16/12) malam. Sejumlah masyarakat dan ormas meluncur ke lokasi untuk memastikan.

Namun sampai di sana, acara sudah bubar. Mereka tidak mendapati waria di lokasi. Massa selanjutnya menyisir sejumlah lokasi dan mengetahui beberapa waria sedang makan di kawasan Simpang Surabaya, Banda Aceh.

Massa selanjutnya bergerak ke sana dan menunggu para waria ini selesai makan. Setelah itu, mereka menghubungi polisi syariah. Tak lama berselang, para waria ini diboyong ke kantor polisi syariah di Jambo Tape, Banda Aceh.






"Kamu tidak tahu jumlah mereka di hotel. Tapi menurut pengakuan salah satu waria ada sekitar 50 orang yang diundang. Dan pengakuannya acara tersebut cuma sekadar perayaan ulang tahun," jelas Saimun.

"Tapi informasi yang kami peroleh dari masyarakat mereka mengadakan kontes pemilihan ratu waria di hotel tersebut," ungkapnya.

Hingga kini, keenam waria masih diamankan di Kantor Polisi Syariah Aceh. Namun, polisi syariah belum mau memberikan keterangan terkait keenam waria tersebut. (rvk/rvk)