DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 10:46 WIB

Mobilnya Lolos Uji Emisi, Ini Pesan Anies ke Warga DKI

Mochammad Zhacky - detikNews
Mobilnya Lolos Uji Emisi, Ini Pesan Anies ke Warga DKI Foto: Uji emisi di Kemayoran (Zhacky-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut menguji emisi kendaraannya. Hasilnya, mobil Toyota Inova nomor polisi B 1975 yang biasa digunakan Anies lulus uji emisi.

"Tadi saya mencoba uji emisi kendaraan saya, ambang batasnya 40 persen HSU (Hartridge Smoke Unit), ketika diuji hasilnya 5,9. Jadi jauh di bawah ambang batas (lolos)," kata Anies dalam acara uji emisi gratis di bundaran patung ondel-ondel, Jl Benyamin Sueb, Pademangan Timur, Jakarta Utara, Minggu (17/12/2017).

Mantan Mendikbud ini mengajak warga Jakarta untuk menguji emisi kendaraannya. Menurut Anies, ada kebanggaan tersendiri jika berhasil lolos uji emisi.




"Nah kendaraan-kendaraan bermotor silakan datang sembari bawa keluarga, sambil hari minggu, mampir ke sini, gratis. Jika anda lakukan itu, anda bisa bilang, 'Saya bukan penyumbang polusi udara Jakarta'. Kenapa? Karena tidak melampaui ambang batas," papar Anies.

Acara uji emisi gratis ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Kendaraan yang diuji untuk kendaraan roda empat. Beberapa produsen mobil ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Acara uji emisi ini digelar untuk menyambut pagelaran Asian Games 2018. Anies mengatakan akan membuat aturan khusus yang mewajibkan warga Ibu Kota menguji emisi kendaraannya secara berkala.

"Kami akan mewajibkan kendaraan bermotor di Jakarta untuj melakukan uji emisi secara berkala. Nanti akan dibuat aturannya lebih detail dan kami sambungkan data pengujian di bengkel-bengkel dengan data yang ada di kami," terang Anies.




(zak/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed