PSI Berikan Pelatihan untuk Bakal Caleg yang Lulus Bersyarat

Seysha Desnikia - detikNews
Sabtu, 16 Des 2017 20:45 WIB
Foto: Pengumuman Bacaleg PSI. (Seysha Desnikia/detikcom).
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengkategorikan bakal calon legislatif (caleg) dalam 3 katergori yaitu lulus, lulus bersyarat, dan tidak lulus. PSI pun akan memberi pelatihan untuk bakal caleg dari partai mereka.

"Nilai akhir adalah nilai rata-rata dari 3 orang juri di mana untuk dinyatakan lolos sempurna dia harus menilainya 3,75. kalo belum 3,75 itu belum lolos sempurna," jelas Ketua Umum PSI Grace Natalie di Kantor DPP PSI, Jl. Wahid Hasyim No. 194, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2017).


"Orang-orang lolos bersyarat artinya ada sejumlah perbaikan yang harus mereka lakukan," sambung dia.

Bacaleg yang lolos bersyarat, akan diberi sejumlah kelas pelatihan. Metode pengajaran juga mengikuti perkembangan zaman.

"Jadi kita siapkan kelas-kelas, itu banyak item-item kelasnya. kita buka kesempatan untuk mereka upgrade diri. Platform yang kita pakai youtube aja," tutur Grace.

Dia menjelaskan akan ada kelas tentang mekanisme komunikasi, mengerti tentang perilaku pemilih, dan proses legislasi. PSI akan merekam narasumber yang mengisi materi.

"Nah rekaman itu narasumber yang akan bicara kita akan bagi per bagian per topik jadi memudahkan orang yang melihat rekaman itu untuk belajar," ujar Grace.


Setelah mengadakan kelas, PSI akan membuat sebuah ujian kepada bacaleg yang lulus bersyarat. Grace mengatakan bacaleg yang lulus bersyarat juga masih belum tentu akan bisa lulus sempurna.

"Kita akan uji paling dari juri internal nanti kita liat apakah mereka ada upgrade nggak setelah kelas-kelas yang mereka jalani. Tapi kalau tidak, ya mohon maaf kriteria juri ya seperti itu," papar dia. (elz/elz)