Anies Sudah Beri Izin Penggunaan Monas untuk Aksi Bela Palestina

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 16 Des 2017 16:55 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Massa dari berbagai elemen akan menggelar Aksi Bela Palestina di depan Kedubes Amerika Serikat (AS) dan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah memberikan izin penggunaan kawasan Monas untuk aksi yang akan digelar besok tersebut.

"Oh iya, sudah," kata Anies di kawasan Pademangan, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (16/12/2017).

Anies juga mengaku telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait hal ini. Ia memastikan aksi yang disebut sebagai perjuangan kemanusiaan itu akan dapat terlaksana di Monas besok, Minggu (17/12).


"Mereka nanti insyaallah bisa menggunakan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, MUI mengajak umat Islam berkumpul di seberang Istana Merdeka dalam Aksi Bela Palestina. Aksi ini untuk memprotes klaim Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel.


Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis mengatakan klaim sepihak Trump tersebut melanggar peraturan internasional. Aksi Bela Palestina ini merupakan wujud sikap umat yang antipenjajahan.

"(Alasan aksi) Donald Trump melanggar peraturan internasional. Kedua, agama Islam itu antipenjajahan, setiap orang dilahirkan merdeka," kata Cholil saat dihubungi. (elz/elz)