DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 16:22 WIB

Jadi Titik Kumpul Aksi 1712, Begini Persiapan Masjid Istiqlal

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Jadi Titik Kumpul Aksi 1712, Begini Persiapan Masjid Istiqlal Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Aksi terkait Palestina yang akan digelar pada Minggu (17/12/2017) atau disebut 'Aksi 1712' nanti akan dimulai dengan salat subuh berjemaah di Masjid Istiqlal. Menjadi titik kumpul aksi, pihak Masjid Istiqlal mengaku tidak ada persiapan khusus.

"Tidak ada persiapan khusus. Pihak MUI sudah melayangkan surat resmi ke kami untuk membantu atau paling tidak berkontribusi terhadap saudara-saudara kita yang akan melakukan aksi yang datang dari daerah-daerah," kata Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12).

Abu mengatakan massa yang datang dari berbagai daerah akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk melangsungkan salat subuh berjemaah. Pihak Masjid Istiqlal pun mempersilakan menggunakan fasilitas yang berada di masjid, baik untuk salat, mandi, maupun beristirahat.

"Kami prinsipnya di Masjid Istiqlal ini tidak mengundang, tetapi kalau datang, kami tidak menolak. Kenapa kami tidak mengundang mereka? Karena memang fasilitas tidak ada dan kalau mereka tetap istirahat di sini ya kami persilakan untuk tidur di koridor-koridor, jangan sampai tidur di tempat salat," kata Abu.

Selain itu, Abu berpesan untuk massa yang akan menggunakan fasilitas di Masjid Istiqlal agar tetap menjaga kebersihan, keamanan, dan kesucian Masjid Istiqlal.

"Tetap menjaga kebersihan, keamanan, kesucian masjid kita. Jadi tidak ada persiapan khusus, kami sudah terbiasa kedatangan tamu banyak dan nggak ada persiapan. Kan niatnya juga nggak mau berbuat huru-hara kan, kan hanya untuk mampir ibadah," kata Abu.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed