DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 14:05 WIB

Nama-nama Tenar Resmi Jadi Bacaleg PSI, Termasuk 'Rian Staf Ahok'

Seysha Desnikia - detikNews
Nama-nama Tenar Resmi Jadi Bacaleg PSI, Termasuk Rian Staf Ahok Pengumuman Bacaleg PSI (Seysha Desnikia/detikcom)
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan bakal calon legislatif (caleg) yang lolos seleksi untuk bisa maju pileg melalui partai mereka. Giring 'Nidji' Ganesha hingga politikus muda, Tsamara Amany Alatas, lolos menjadi bacaleg PSI.

Pengumuman digelar di kantor DPP PSI, Jl Wahid Hasyim No 194, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2017). Pengumuman disampaikan langsung oleh panelis atau juri uji bacaleg PSI, Mari Elka Pangestu, dan Neng Dara Affiah. Hadir pula Ketum PSI Grace Natalie dan Sekjen Raja Juli Antoni beserta jajaran PSI.

"Kita sangat semangat mengikuti proses penjurian, masih banyak tahap lain. Dari seleksi ini variasi lumayan dari segi profesi, gender, latar belakang, umur, dan ini mudah-mudahan jadi warna Indonesia untuk visi yang ingin diwujudkan," ujar Mari Elka.


Dia mengingatkan bacaleg PSI yang lolos bahwa masih banyak pekerjaan rumah untuk mimpi mereka menjadi anggota legislatif. Terutama soal sosialisasi ke daerah-daerah. Itu, menurut Mari, diperlukan latihan dan pelajaran secara teori.

"Karena masih banyak yang belum punya pengalaman di politik. Untuk identify masalah yang ada di daerah dan komunikasi ke grass root," tuturnya.

Mari meminta para bacaleg PSI untuk benar-benar melakukan persiapan sebelum maju dan mendaftar sebagai caleg di Pileg 2019. Dia juga berharap lebih banyak lagi calon-calon perempuan yang muncul, mengingat syarat dari UU Pemilu.

Nama-nama Tenar Resmi Jadi Bacaleg PSI, Termasuk 'Rian Staf Ahok'Pengumuman Bacaleg PSI (Seysha Desnikia/detikcom)

"Lakukan persiapan agar bisa lulus. Saya harap Anda bisa lulus karena online ini cara baru. Kita masih perlu calon yang perempuan, perlu sepertiganya," kata Mari.

Setelah itu, Mari membagikan pengumuman kepada para bacaleg yang hadir. Pengumuman tersebut disampaikan melalui surat yang dimasukkan ke amplop tertutup.

"Alhamdulillah," ucap Giring saat membuka pengumuman dan mengetahui dia lulus sebagai bacaleg dari PSI.

Rian eks staf Ahok.Grace Natalie dan Rian eks staf Ahok. (Dwi/detikcom)

Total ada 116 bacaleg yang lulus, tapi tidak semuanya hadir dalam acara pengumuman ini. Selain Giring dan Tsamara, ada bacaleg dari PSI lainnya, seperti Hotma Roland Pasaribu, kemudian Isyana Bagoes Oka, yang merupakan pengurus di PSI. Eks jurnalis selain Isyana yang lolos adalah Andi Budiman.

Kemudian mantan staf hukum eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Rian Ernest, serta dua lawyer, Surya Tjandra dan Dini Purwono, juga lolos. Lalu legenda bulutangkis Indonesia Hariyanto Arbi pun termasuk yang resmi menjadi bacaleg PSI.

"Ini adalah hasil dari seleksi kompetensi yang telah kita lakukan. Ada 3 kategori hasil dari hasil seleksi itu," jelas Grace dalam kesempatan yang sama.


Tiga kategori yang dimaksud adalah lulus, lulus bersyarat, dan tidak lulus. Sebanyak 116 adalah gabungan dari bacaleg yang lulus dan lulus bersyarat.

"Nilainya digabung dari 3 orang juri, nilainya mencapai 3,75 atau di atasnya. Untuk yang masuk ke kategori lulus bersyarat itu kita siapkan pelatihan pelatihan yang bisa diakses online," terang Grace.

Seperti diketahui, PSI merupakan satu dari 12 parpol yang telah lolos ke tahap verifikasi faktual pemilu. KPU akan mengumumkan penetapan parpol peserta pemilu pada 17 Februari 2018.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed