Ada Aksi 1712 di Kedubes AS, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 16 Des 2017 13:02 WIB
Ilustrasi Aksi Bela Palestina atau Aksi 1712 (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya menerjunkan kurang-lebih 20.000 personel untuk mengamankan Aksi Bela Palestina atau Aksi 1712 pada Minggu besok. Rekayasa lalu lintas juga disiapkan.

"Seandainya nanti dalam kegiatan itu memang harus ada pengalihan arus lalu lintas, kita sudah siapkan personel lalu lintas dan dengan sabar nanti kita akan mengatur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan, Sabtu (16/12/2017).

Argo menjelaskan massa akan memulai Aksi Bela Palestina sejak subuh pukul 04.00 hingga 12.00 WIB. Ada 2 titik kumpul massa, yakni di Masjid Istiqlal dan Monas, Jakarta Pusat. Dari 2 lokasi itu, massa akan bergerak ke kantor Kedubes Amerika Serikat (AS).


Rekayasa lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya, menurut Argo, bersifat situasional.

"Kalau memang harus dilakukan pengalihan, kita alihkan. Tetapi kalau memang tidak, ya tetap. Kita bisa lakukan contraflow, atau buka-tutup atau hanya separuh jalan digunakan. Kita memberi informasi ke pengunjuk rasa untuk berbaris di pinggir jalan sehingga jalan bisa digunakan itu juga bisa," jelasnya.

Argo menambahkan pihaknya sudah mendapat surat pemberitahuan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait Aksi Bela Palestina ini. Dia berharap kegiatan ini berlangsung tertib hingga bubar.



(hri/tor)