DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 12:13 WIB

Imigrasi Jaksel Buka Layanan Perpanjang Paspor di Mal Gancit

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Imigrasi Jaksel Buka Layanan Perpanjang Paspor di Mal Gancit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Jaksel di Mal Gandaria City (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan membuka layanan perpanjangan paspor dan penggantian paspor lama menjadi e-paspor di Mal Gandaria City. Acara ini berlangsung pada 16-17 Desember dengan kuota 100 orang per hari.

"Program dari Direktorat Jendral Imigrasi adalah untuk membuka layanan simpatik di seluruh unit layanan imigrasi di seluruh Indonesia yang dibukanya Sabtu atau Minggu. Karena masyarakat di Jakarta Selatan kami tahu sangat banyak, maka kami membuka layanan 2 hari, yaitu Sabtu (16/12) dan Minggu (17/12)," kata Kabid Lalu lintas dan Status Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan, Marina Maghdalena Harahap, di Mal Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/2017).

Acara ini hanya melayani penggantian atau perpanjangan paspor dan bukan pembuatan paspor. Untuk kuota per hari, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan hanya membuka layanan untuk 100 orang.

Layanan Paspor Kantor Imigrasi Jaksel di Mal Gandaria CityLayanan Paspor Kantor Imigrasi Jaksel di Mal Gandaria City. (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)

Proses yang harus dilalui masyarakat untuk mengikuti perpanjangan paspor ini adalah cukup membawa e-KTP dan paspor lama. Kemudian masyarakat diharuskan antre di lobi Mal Gandaria City untuk mengambil nomor antrean dan selanjutnya diarahkan untuk mengikuti proses selanjutnya.

"Jadi prosesnya tadi di bawah kita register dulu pengambilan nomor antrean, lalu orangnya naik ke atas. Lalu kita berikan layanan foto dan sidik jarinya kemudian setelah foto dan sidik jari kami berikan tanda bayar yang bisa dibayar di ATM. Namun untuk pengambilan paspor tetap ke Kantor Imigrasi Jaksel, karena kan pencetakan ada di Jaksel. Jadi paspor yang lama akan ditarik setelah pembayaran dan diganti yang baru di kantor Imigrasi," kata Marina.

Layanan Paspor Kantor Imigrasi Jaksel di Mal Gandaria CityLayanan Paspor Kantor Imigrasi Jaksel di Mal Gandaria City (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)

Marina mengatakan, sejak pukul 10.00 WIB, nomor antrean sudah habis. Masyarakat sudah antre sejak pukul 07.00 WIB.

"Di sini bisa untuk siapa saja, bisa untuk masyarakat di luar Jakarta Selatan. Tapi niat kami menjangkau masyarakat di wilayah Jakarta Selatan," kata Marina.

Leliyana (35), salah satu peserta perpanjangan pospor, mengatakan ia datang sejak pukul 08.00 WIB untuk antre mengambil nomor antrean. Setelah antre kurang-lebih 15 menit, ia mendapatkan nomor antrean ke-84.

Layanan Paspor Kantor Imigrasi Jaksel di Mal Gandaria CityLayanan Paspor Kantor Imigrasi Jaksel di Mal Gandaria City (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)

"Saya tahu info ini dari website Kantor Imigrasi Jaksel. Persyaratannya hanya e-KTP sama paspor lama saja lalu nanti ada foto dan sidik jari dan pembayaran biaya di bank, lalu kita bisa ambil paspor kita di Kantor Imigrasi Jaksel," kata Leliyana.

Hal serupa dikatakan Antoni (29). Ia mengatakan, dengan adanya perpanjangan paspor di mal, ini memudahkannya memperpanjang masa paspor.

"Saya ke sini dari sekitar pukul 09.30 WIB itu dapat antrean nomor 90. Saya mau perpanjang paspor di sini kan lebih mudah tuh daripada hari kerja kita harus ke kantor Imigrasi. Tahu infonya juga dari teman-teman kantor katanya acara ini 2 hari," kata Antoni.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed