DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 12:01 WIB

Pria Bunuh Wanita, Sosiolog: Banyak yang Anggap Perempuan Pemuas Seks

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Pria Bunuh Wanita, Sosiolog: Banyak yang Anggap Perempuan Pemuas Seks Foto: ist.
Jakarta - Kasus pembunuhan sadis kian marak. Peristiwa ini salah satunya dipicu lingkungan yang bebas. Ini penjelasan sosiolog.

Terhangat, dua pembunuhan sadis terjadi di Karawang, Jawa Barat, dan di Serang, Banten. Muhammad Kholil nekat memutilasi istrinya, SA, di Karawang karena sering terlibat cekcok. Sedangkan di Serang, wanita berinisial S (18) menjadi korban pembunuhan dan pemerkosaan lantaran menolak cinta ER (17).


Sosiolog Musni Umar mengatakan masalah ini merupakan gejala sosial yang memprihatinkan. Lingkungan yang bebas menjadi salah satu penyebabnya.


"Yang mendukung itu lingkungan. Lingkungan sekarang ini orang bisa melakukan apa saja. Di sinilah pentingnya hadir pemerintah, jadi faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi," kata Musni kepada detikcom, Jumat (15/12/2017) malam.


Dia mengatakan pemerintah harus membuat aturan khusus untuk menanggulangi persoalan ini. Peraturan itu juga diharapkan mengatur soal pergaulan bebas. "Inilah menurut saya yang harus kami cegah. Selain menjelaskan pada masyarakat pentingnya melindungi perempuan itu, harus ada undang-undang dan undang-undang menurut saya agar tidak terjadi pergaulan bebas di masyarakat," imbuhnya.



Menurut dia, laki-laki saat ini cenderung menganggap perempuan sebagai objek pemuas seksual. Padahal perempuan yang notabene lemah seharusnya mendapat perlindungan dari laki-laki.

"Perempuan itu hakikatnya lemah dan yang melindungi itu seharusnya laki-laki. Tetapi dalam banyak kasus itu perempuan menjadi pemuas seksual dari laki-laki. Seperti yang kita kenal 'laki-laki hidung belang', itulah yang banyak merusak dan melakukan kekerasan pada perempuan," pungkasnya.
(aan/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed