DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 11:15 WIB

Rakornas 3 Pilar PDIP, Jokowi: Saya Yakin Terinspirasi Bung Karno

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Rakornas 3 Pilar PDIP, Jokowi: Saya Yakin Terinspirasi Bung Karno Presiden Jokowi di Rakornas PDIP. (Foto: Nur Indah/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo hadir dalam Rakornas Tiga Pilar PDIP. Di depan para kader PDIP, Jokowi menggelorakan semangat proklamator, Bung Karno.

"Salam berdikari. Merdeka, merdeka, merdeka!" ujar Jokowi membuka sambutannya di lokasi acara, ICE-BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (16/12/2017).

Jokowi pun mengingatkan soal semangat berdikari yang selalu disampaikan Bung Karno. Menurutnya ini sesuai dengan tema acara Rakornas Tiga Pilar PDIP, 'Berdikari untuk Indonesia'.


"Saya teringat pidato Bung Karno sebelum proklamasi kemerdekaan. Kini tiba saatnya bagi kita meletakan nasib bangsa dan tanah air di tangan kita sendiri," ujar Jokowi.

"Saya meyakini acara ini diinspirasi semangat Bung Karno yaitu semangat berdikari," sambungnya.

Menurut Jokowi, dengan semangat berdikari, Indonesia akan memiliki daya saing tinggi. Daya saing yang mampu memenangkan persaingan global.

"Namun mana bisa kita menangkan persaingan global jika jalur logistik mahal, belum bisa menembus perbatasan, daerah-daerah," kata Jokowi.


Atas alasan itulah, maka pemerintahan Kabinet Kerja banyak membangun daerah perbatasan. Juga membangun dari daerah pinggiran, sesuai dengan nawacita.

"Itulah mengapa kita membangun dari desa, memberdayakan masyarakat daerah, semangat berdikari yang membuat kita berupaya memperbaiki," jelas Jokowi.

Hadir dalam acara ini Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wapres Jusuf Kalla, dan Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Selain itu tampak pula Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed