DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 11:04 WIB

Megawati Minta Jokowi Sisihkan 5 Persen APBN untuk Riset

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Megawati Minta Jokowi Sisihkan 5 Persen APBN untuk Riset Foto: Nur Indah/detikcom
Tangerang - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung soal minimnya riset dan penelitian untuk kemajuan Indonesia. Megawati meminta Jokowi menyisihkan sekitar 5 persen APBN untuk riset dan penelitian.

Hal tersebut disampaikan Megawati dalam acara Rakornas 3 Pilar PDIP Bidang Ekonomi Kerakyatan. Dalam pidatonya, Megawati mengingatkan kembali cita-cita Proklamator RI, Ir Sukarno, soal pembangunan.

"Bung Karno mengingatkan kita semua dasar perencanaan pembangunan harus bersifat ilmiah. Saya sangat tahu Pak Habibie pasti setuju 1.000 persen atas hal ini. Pembangunan itu harus bersandar pada riset dan penelitian," kata Megawati di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Sabtu (16/12/2017).

Megawati mengatakan, sejak dirinya berkecimpung di DPR, anggaran soal riset dan penelitian sangat minim. Bahkan tidak pernah mencapai 1 persen dari APBN.

"Jadi menurut saya sangat aneh kalau kita bercita-cita untuk memajukan bangsa dan negara ini. Saya sebagai Ketua Umum PDIP nanti kalau berbicara APBN, saya mohon dengan sangat kalau bisa 5 persen untuk riset dan penelitian. Ya, siapa tahu nanti bisa jadi 2,5 persen," kata Megawati.

Megawati juga mengatakan riset pembangunan yang dimaksud Bung Karno adalah riset penyelamatan alam dan lingkungan. Kekayaan alam bukan untuk dieksploitasi dan bukan hanya atas nama investasi.

"Eksploitasi alam akan membawa kehancuran peradaban manusia. Kekayaan alam adalah modal pembangunan yang harus dimanfaatkan secara bijaksana. Kami mendukung keseriusan Indonesia dalam isu perubahan iklim dan terlibat aktif menekan perubahan iklim dalam emisi rumah kaca," kata presiden ke-5 RI ini.
(jor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed