DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 02:39 WIB

Peringatan Tsunami Berakhir, Warga Diimbau Kembali ke Rumah

Idham Kholid - detikNews
Peringatan Tsunami Berakhir, Warga Diimbau Kembali ke Rumah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan status peringatan dini tsunami dinyatakan berakhir. Peringatan tsunami berakhir pukul 02.30 WIB.

"Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag: 6,9 SR, tanggal: 15-Des-17 23:47:58 WIB, dinyatakan telah BERAKHIR pada 16/12/2017 pukul 02.30 WIB," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_BNPB, Sabtu (16/12/2017).

Karena itu, lanjut Sutopo, masyarakat yang sebelumnya sempat mengungsi ke dataran lebih tinggi diimbau kembali ke rumah masing-masing. Warga juga diminta mengecek ada-tidaknya kerusakan rumah sebelum masuk.

"Masyarakat diimbau pulang ke rumah masing-masing dengan tenang. Cek kondisi rumah sebelum masuk," ujarnya.





Gempa berkekuatan 6,9 skala Richter di Tasikmalaya, Jawa Barat, sebelumnya terjadi pukul 23.47 WIB, Jumat (15/12). Gempa juga terasa di sejumlah wilayah di Jawa.

Berikut data warga tewas dan luka yang disampaikan Sutopo lewat keterangan tertulisnya:

1. Di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, 1 orang meninggal dunia, Hj Dede Lutfi (62) dan 2 mengalami luka-luka tertimpa bangunan roboh.

2. Di Kebumen, Jawa Tengah, terdapat 2 orang luka-luka tertimpa rumah roboh.

3. Di Kota Pekalongan terdapat 1 orang luka-luka tertimpa bangunan roboh.
(idh/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed