DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 00:51 WIB

Gempa di Jawa, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Sekitar Pantai

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Gempa di Jawa, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Sekitar Pantai Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta - BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami menyusul gempa yang dirasakan hampir di seluruh Pulau Jawa. Warga di pesisir selatan Pulau Jawa diimbau tak beraktivitas di sekitar pantai.

"Yang penting adalah masyarakat tidak melakukan aktivitas di sekitar pantai sambil menunggu apakah terjadi tsunami terjadi atau tidak," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (16/12/2017) dini hari.

Dia mengatakan potensi tsunami bisa terjadi selama 1 jam setelah gempa. Itu disebabkan lokasi gempa yang berada di wilayah lokal Indonesia.

"Maka BMKG akan mengantisipasi mengingat pusat gempa di wilayah lokal Indonesia. Jika terjadi, tsunami datang kurang-lebih dalam 1 jam ke depan," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]


Diberitakan sebelumnya, BMKG memperbarui informasi gempa yang terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Terakhir, gempa dilaporkan berkekuatan 6,9 skala Richter.

Awalnya, akun Twitter @infoBMKG mencuit pada pukul 00.03 WIB gempa 7,3 SR. Namun pada pukul 00.11 WIB, BMKG menginformasikan gempa berkekuatan 6,9 SR.
(abw/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed