DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 23:19 WIB

Sandi: Lahan Pemakaman DKI Cukup, Kami akan Siapkan 208 Hektare

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandi: Lahan Pemakaman DKI Cukup, Kami akan Siapkan 208 Hektare Foto: Zhacky/detikcom
Jakarta - Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan lahan untuk pemakaman di Ibu Kota masih mencukupi. Pemprov DKI Jakarta akan mematangkan lahan yang belum siap pakai seluas 208 hektare untuk pemakaman.

"Kami ingin melaporkan bahwa ternyata posisi lahan pemakaman alhamdulillah mencukupi. Kami harus mematangkan lahan yang belum siap pakai 208 hektare," kata Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017).

Menurut Sandiaga, masih ada lagi lahan yang bakal dibebaskan untuk dijadikan tempat pemakaman. "Yang belum dibebaskan sekitar 183 hektare," terang dia.

Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan, dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin menuturkan memang ada beberapa lahan di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur yang siap diubah menjadi tempat pemakaman. Salah satu lahannya terletak di Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

"(Lahan) yang masih tersedia itu di Pondok Rangon, Tegal Alur. Saat ini juga sudah kita lakukan pembebasan lagi lahan di Tanah Kusir," jelas Djafar.

Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan pengadaan lahan untuk pemakaman dalam APBD 2018. Berdasarkan laman situs apbd.jakarta.go.id, alokasi anggaran untuk pengadaan lahan pemakaman sebesar Rp 119 miliar.

Sesuai nomenklatur Pengadaan Tanah Ruang Terbuka Hijau Makam di Wilayah DKI Jakarta, dana sebesar Rp 119 miliar akan digunakan untuk pengadaan lahan seluas 29.750 meter persegi dengan harga per meter Rp 4 juta.
(zak/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed