DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 21:32 WIB

Ditanya Pencabutan Raperda Reklamasi, Sandi: Pak Anies yang Jawab

Mochamad Zhacky - detikNews
Ditanya Pencabutan Raperda Reklamasi, Sandi: Pak Anies yang Jawab Wagub DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Wagub DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno enggan berkomentar saat ditanya soal pencabutan raperda reklamasi Teluk Jakarta. Sandi menyebut pencabutan raperda reklamasi akan dipaparkan Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Soal reklamasi, Pak Anies yang jawab," kata Sandiaga ketika ditanya ihwal pencabutan dua raperda reklamasi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017).

Sandiaga mengaku tahu saat kembali ditanyai mengenai alasan penarikan dua raperda reklamasi dari Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2018. Dia mengatakan sikap tersebut sesuai dengan instruksi Anies.

"Saya tahu, tapi Pak Anies minta spesifik, dia akan menjawab masalah reklamasi, banjir juga Pak Anies, tanggul Pak Anies," terang Sandiaga.

Anies sebelumnya mengatakan ada tiga pertimbangan yang menjadi dasar penarikan dua raperda reklamasi. Pertimbangan utama soal lingkungan hidup. Kedua ihwal tata ruang pulau hasil reklamasi, dan terakhir mengenai pemanfaatan pulau.

"Pertimbangan lingkungan hidup akan jadi faktor utama. Kemudian yang kedua adalah keadilan soal ruangan yang sekarang, yang akan terjadi di tempat-tempat itu. Ketiga adalah faktor pemanfaatan, bahwa area reklamasi atau area pantai di Jakarta itu harus bisa dimanfaatkan untuk kepentingan publik," papar Anies.

Dua raperda yang ditarik dari Prolegda 2018 adalah Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan Raperda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Anies pun sudah menerima draf dua raperda tersebut.
(zak/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed