DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 20:04 WIB

Ikut Sidak DPR, Ketua BURT Kaget Anggaran Listrik dan CS Bengkak

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Ikut Sidak DPR, Ketua BURT Kaget Anggaran Listrik dan CS Bengkak Foto: Ketua BURT Anton Sihombing. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Plt Ketua DPR Fadli Zon dan Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Anton Sihombing melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kawasan parlemen. Beberapa temuan mencengangkan ditemukan oleh mereka.

Salah satu temuan mencengangkan bagi Anton salah satunya adalah anggaran listrik dan petugas kebersihan yang mencapai Rp 50 milyar. Ia pun mempertanyakan kerasionalan angka tersebut.

"Coba bayangkan, listrik saja sampai Rp 20 milyar, listrik apaan sampai Rp 20 milyar di sini, ya nggak? Cleaning service hampir Rp 50 milyar, apa yang di cleaning?" kata Anton di Kawasan Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Tak hanya anggaran yang membengkak, Anton pun mengoreksi kinerja pamdal yang dinilai kurang memuaskan. Anton pun berniat untuk mengubah hal tersebut.

"Pamdal-pamdal, masa tamu yang dicurigai. Satu tahun tamu nggak ada yang dicurigai. Itu saya coba ubah," tuturnya.

Anton menyebut kelalaian tersebut merupakan tanggung jawab dari kepala biro yang menangani hal tersebut di masa sebelumnya. Ia menuturkan pihaknya akan melakukan audit pada seluruh aspek dan meminta agar penanggungjawab yang telah bertahun-tahun menjabat agar diganti.

"Ini tanggung jawab kepala biro yang dulu. Saya minta kalau seseorang itu kalau sudah beberapa tahun agar diganti, jangan jadi raja, tidak ada raja di DPR ini. Biar Kesekjenan mengelola uang, uang itu harus transparan," ujarnya.

Sebelumnya saat melakukan sidak, Fadli dan Anton juga menemukan 136 unit CCTV di control room dan hanya 18 unit yang berfungsi.

"Yang agak mencengangkan itu adalah CCTV. Terus terang saja tadi kita melihat control room CCTV, dari 136 CCTV ternyata yang bekerja cuma 18, di control room juga mati semua," kata Fadli setelah melakukan sidak di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/12).
(yas/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed