DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 19:56 WIB

Sambut Airlangga, Dewan Pakar Golkar Ingatkan Soal Pakta Integritas

Zunita Amalia Putri - detikNews
Sambut Airlangga, Dewan Pakar Golkar Ingatkan Soal Pakta Integritas Foto: Agung Laksono bersama Dewan Pakar Golkar. (Zuanita/detikcom)
Jakarta - Dewan Pakar Golkar mengadakan rapat pleno untuk membahas persiapan penyelenggaraan Munaslub. Dewan Pakar pun menyambut gembira Airlangga Hartaro sebagai Ketua Umum Golkar.

"Tadi baru saja kita rapat pleno ke 16. Mungkin ini rapat pleno terakhir setelah kasus Pak Novanto. Karena kita mau melaksanakan event yang penting yaitu Munaslub tanggal 18-20 desember 2017," ujar Ketua Dewan Pakar Agung Laksono di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (15/12/2017).

Rapat pleno DPP Golkar memutuskan menonaktifkan Setya Novanto dari posisi ketua umum karena telah menjadi terdakwa kasus korupsi e-KTP. Airlangga kemudian dipilih untuk menggantikan Novanto.


Munaslub digelar pada 19-20 Desember 2017 di JCC Senayan, Jakarta. Sehari sebelumnya digelar rapimnas. Munaslub akan mengukuhkan Airlangga sebagai ketum Golkar yang baru.

Dewan Kehormatan menyambut baik keputusan itu. Mereka pun memberi catatan penting soal munaslub ini, isinya adalah sebagai berikut:

1. Dewan Pakar menyambut baik dan mendukung sepenuhnya Keputusan Rapat Pleno DPP Partai Golkar tanggal 13 Desember 2017 yang telah menetapkan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum dan menyelenggarakan Munaslub 18-20 Desember 2017 sebagaimana hasil Pertemuan Parwakilan DPD Provinsi Partai Golkar Se-Indonesia dengan Dewan Pakar DPP Partal Golkar pada tanggal 8 Desember 2017.

2. Dewan Pakar berpendapat, agenda Munaslub Partai Golkar tanggal 18-20 Desember 2017, adalah berdasarkan AD Pasal 32, maka Munaslub berwenang memilih dan menetapkan Ketua Umum dan menetapkan DPP Partai Golkar, Ketua Dewan Kehormatan, Ketua Dewan Pembina, Ketua Dewan Pakar dan Mahkamah Partai

3. Dalam hal melaksanakan butir (2) tersebut di atas, Ketua Umum terpilih Hasil Munaslub Partai Golkar tahun 2017 adalah sekaligus sebagai Ketua Formatur bersama dengan anggota Formatur wajib memperhatikan prinsip PDLT dengan menandatangani Pakta Integritas

Sambut Airlangga, Dewan Pakar Golkar Ingatkan Soal Pakta IntegritasFoto: Agung Laksono bersama Dewan Pakar Golkar. (Zunita/detikcom)

4. Dalam rangka meningkatkan elektabilitas dan mensukseskan agenda politik Nasional yaitu Pilkada Serentak tahun 2018, Pileg dan Pilpres 2019 agar Partai Golkar mengusung tagline 'Golkar Bersih, Bersatu dan Bangkit'

5. Dewan Pakar mempertegas pernyataan Airlangga Hartarto untuk tetap mendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tahun 2014-2019 dan tetap konsisten mengusung Joko Widodo sebagai calon Presiden RI 2019-2024

6. Agar Munaslub benar-benar memperhatikan dan menjaga hak-hak suara dari para peserta Munaslub 2017, yang terdiri DPD Kabupaten/Kota, DPD Provinsi, Ormas Pendiri dan yang didirikan serta DPP Partai Golkar.



(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed