DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 15:18 WIB

PSI Siapkan Kader untuk Verifikasi Faktual Pemilu 2019

Dwi Andayani - detikNews
PSI Siapkan Kader untuk Verifikasi Faktual Pemilu 2019 Grace Natalie (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan melanjutkan proses verifikasi faktual Pemilu 2019. Ketua Umum PSI Grace Natalie mengatakan sudah mempersiapkan kadernya menghadapi tahapan ini.

"Penyelenggara pemilu menyatakan PSI akan menjalani tahap verifikasi faktual. Pencapaian ini adalah hasil kerja keras sekitar 30 ribu anak muda yang telah membangun partai," ujar Grace di kantor DPP PSI, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017).

PSI disebut Grace sudah mempersiapkan keperluan terkait verifikasi faktual. Mulai dari perekrutan hingga mempersiapkan kantor.

"Ini bukan persiapan kebut semalam, jadi kita sudah mencicil semua proses persiapan, jadi sampai dengan titik hari ini persiapan lebih panjang. Ini perjalanan 3 tahun yang kami lakukan dengan tekun," ujar Grace.

"Merekrut satu per satu anggota, pengurus kantor demi kantor. Kami optimis verifikasi yang dimulai dari hari ini sampai Januari kita akan lalui dengan baik," sambungnya.

Dia mengakui adanya kendala terkait persiapan proses verifikasi faktual. Salah satunya kendala pengiriman kartu tanda anggota (KTA) ke setiap daerah.

"Kendala mungkin lebih bersifat teknis dan saya pikir semua mengalami. Misalnya jarak, kita tau di Indonesia ini banyak hambatan-hambatan ada kapal yang pulang pergi ke pulau hanya sekali, apalagi cuaca buruk bagaimana kita memastikan semua orang bisa memegang KTA-nya," kata Grace.

Proses verifikasi akan berlangsung hingga 22 Desember dilanjutkan dengan tahap perbaikan verifikasi faktual sampai penetapan peserta Pemilu pada 17 Februari.


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed