DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 13:05 WIB

Presiden Jokowi dan Megawati akan Buka Rakornas Tiga Pilar PDIP

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Presiden Jokowi dan Megawati akan Buka Rakornas Tiga Pilar PDIP Jokowi dan Megawati (tengah). (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) Tiga Pilar untuk memajukan ekonomi gotong royong di masyarakat. Rakornas tersebut akan dibuka oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo.

"Rakornas Tiga Pilar akan dibuka pada hari Sabtu 16 Desember 2017 secara langsung oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan Bapak Presiden Jokowi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya, Jumat (15/12/2017).

"Sinergi Tiga Pilar Partai, yakni Strukural, Lelislatif, dan Eksekutif Partai bergotong rotong untuk memajukan ekonomi negeri," imbuhnya.

Namun ada yang berbeda pada rakornas kali ini. PDIP menyuguhkan berbagai cerminan ekonomi gotong royong pada kegiatan yang digelar dua hari pada 16-17 Desember 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang itu.


"Di dalam Rakornas tersebut, PDI Perjuangan hadir dalam seluruh watak kerakyatannya. Untuk pertama kalinya dalam sejarah politik di Indonesia," sebut Hasto.

Rakornas ini akan menyajikan pameran bertema ekonomi kerakyatan. Mulai dari ternak sapi, lele, ayam buras, perikanan, hingga fashion dan berbagai kuliner bercitarasa nusantara.

"Dan berbagai bukti bagaimana ekonomi gotong royong bekerja di tengah rakyat. Tidak hanya itu, berbagai atraksi kebudayaan nusantara juga ditampilkan," tambah Hasto.

Dia menyebut, para kader partai khususnya PDIP, wajib mendorong peningkatan ekonomi rakyat. Rakornas tersebut menurut Hasto akan menjadi sebuah bentuk dorongan peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi.

"Itulah jawaban PDI Perjuangan guna mendorong peningkatan tingkat kepuasan Pemerintahan Jokowi melalui gerakan ekonomi kerakyatan yang dijalankan dengan semangat gotong royong. Seluruh kader Partai wajib mendorong pergerakan ekonomi kerakyatan tersebut," tuturnya.


Sebagai rangkaian dari rakornas tersebut, juga akan ada pameran ekonomi gotong royong yang menampilkan usaha rakyat. Pameran tersebut dilaksanakan pada hari kedua rakornas dan terbuka untuk umum.

"Pameran ekonomi gotong royong yang menampilkan 10 kluster usaha perekonomian rakyat tersebut akan dibuka untuk masyarakat umum pada hari Minggu 17 Desember 2017," tutup Hasto.
(yas/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed