DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 12:28 WIB

Antisipasi Macet Libur Natal, Ini Rekayasa di Tol Jakarta-Cikampek

Mei Amelia R - detikNews
Antisipasi Macet Libur Natal, Ini Rekayasa di Tol Jakarta-Cikampek Ilustrasi kemacetan di tol Jakarta-Cikampek. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Arus lalu lintas kendaraan dari Jakarta ke luar kota menjelang Natal dan Tahun Baru diprediksi meningkat. Polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek guna mengantisipasi kemacetan.

"Pola pengamanannya sudah ada, seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami sudah siapkan rekayasa lalu lintasnya agar kendaraan yang mau keluar Jakarta tidak terjadi kemacetan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra kepada detikcom, Jumat (15/12/2017).

Rest area menjadi salah satu titik penyebab kemacetan di tol saat libur panjang. Untuk mengantisipasi hal ini, polisi akan melakukan buka-tutup rest area, seperti rest area KM 19 dan KM 29.

"Kalau antrean menuju ke rest area sudah panjang, nanti kami tutup. Kami juga mengimbau agar masyarakat menggunakan rest area seperlunya sehingga memberi kesempatan kepada yang lain untuk beristirahat di rest area," paparnya.

Rekayasa lainnya yakni dengan menutup beberapa gerbang tol yang sudah mengalami kemacetan parah. Nantinya, pengendara akan diarahkan untuk menggunakan jalur alternatif lewat jalan arteri.

"Sementara contra flow akan kami lakukan mana kala sudah stuck. Nanti sebagian ruas jalan tol dari arah Cikampek ke Jakarta akan dibuka untuk contra flow," tuturnya.
(mei/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed