DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 14:01 WIB

Menag: AM Fatwa Sosok Pejuang, Konsisten dan Berani

Zunita Amalia Putri - detikNews
Menag: AM Fatwa Sosok Pejuang, Konsisten dan Berani Menteri Agama Lukman Hakim melayat ke rumah duka AM Fatwa Foto: Zunita/detikcom
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin berdukacita atas meninggalnya senator AM Fatwa. Lukman menilai AM Fatwa adalah sosok pejuang yang konsisten, jujur dan berani.

Lukman datang ke rumah duka di Jalan Condet Pejaten No 11, Kompleks Bappenas, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017). Dia sempat memberi kata sambutan di depan keluarga almarhum dan para pelayat.

"Kita semua amat sangat mengenal beliau. Beliau tidak hanya seorang ayah yang baik tapi juga hakekatnya adalah pejuang. Kita tahu beliau bukan hanya setahun dua tahun berjuang. Tapi beliau berjuang dengan waktu yang sangat panjang," kata Lukman.

"Karenanya saya ingin mengajak kita semua untuk mengantarkan beliau. Mudah-mudahan beliau diampuni segala kekhilafannya dan Allah SWT menempatkan beliau di surganya Allah," sambung Lukman.

Diceritakan Lukman, dirinya mengenal AM Fatwa ketika masa awal reformasi tahun 1998. Menurutnya, sepak terjang AM Fatwa semasa hidup sangatlah berkesan.



"MPR selalu sidang tahunan, sangat kental bahwa konsistensi, keistikomahan, kejujuran, keberanian almarhum sungguh luar biasa. Mudah-mudahan kita bisa melanjutkan apa yang selama ini beliau perjuangkan," ucapnya.

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa juga menyampaikan hal senada dengan Lukman. Dia memberi kesaksian bahwa AM Fatwa adalah sosok sahabat yang konsisten memperjuangkan kebenaran.

Suasana di rumah duka AM FatwaSuasana di rumah duka AM Fatwa Foto: Zunita/detikcom

"Pak AM Fatwa adalah sahabat kami seperjuangan. Sejak reformasi beliau banyak sekali jasanya kepada bangsa, tokoh yang sangat konsisten menegakkan kebenaran. Dia juga tidak hanya seorang politisi, dia juga tidak hanya seorang negarawan, tapi juga ulama dan tokoh yang selalu berani terhadap apapun," kata Hatta.


"Ini yang diwariskan kepada kami terutama pada adik-adik kami yang terus berjuang untuk keadilan serta kemakmuran bagi bangsa Indonesia. Pak Fatwa berjuang bersama kami, yang mendirikan PAN. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Selamat jalan Pak Fatwa, kami akan meneruskan perjuangan bapak. Semoga keluarga tabah menghadapi musibah ini," sambungnya.

Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tanjung yang ikut melayat di lokasi juga mengajak semua turut mendoakan AM Fatwa.

"Marilah kita bersama-sama mendoakan almarhum, semoga mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT. Beliau adalah orang baik," ucapnya.
(hri/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed