DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 13:54 WIB

Mengapa Partai Demokrat Belum Bentuk Timses Khofifah-Emil?

Rois Jajeli - detikNews
Mengapa Partai Demokrat Belum Bentuk Timses Khofifah-Emil? Foto: Tim Infografis detikcom
Surabaya - Partai Demokrat pendukung pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, masih belum membentuk struktur pemenangan paslon. Alasannya, partai yang dikabarkan mengusung dan mendukung Khofifah-Emi ini belum seluruhnya memberikan surat rekomendasi dari partainya masing-masing.

"Kita belum membentuk tim. Kan masih belum jelas partai koalisinya. Kita juga belum tahu, apakah PAN dan Gerindra akan ikut mengusung Bu Khofifah dan Mas Emil," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio, Kamis (14/12/2017).

Politisi DPRD Jatim ini mengatakan, saat ini masih belum waktunya membentuk tim.

"Nggak mungkin sekarang kita membikin tim. Kalau dibentuk sekarang, terus yang lainnya ditinggal, kan nggak mungkin. Kecuali, seluruh partai koalisi sudah berkumpul dan memberikan rekomendasi, baru kita akan menyusun struktur tim," tuturnya.

Ia menambahkan, masih ada waktu untuk membentuk tim. Pihaknya juga tidak ingin terburu-buru membentuk tim pemanangan yang akan didaftarkan ke KPU Provinsi Jawa Timur.

"Tim yang bagus itu dibentuk ketika pendaftaran (paslon dan tim pemenangan). Kalau dibentuk jauh hari, itu terlalu cepat," ujarnya.

PKB dan PDIP, dua partai yang mengusung pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas, telah menunjuk tim pemenangan cagub-cawagub. Kata Renville, saat ini belum waktunya membentuk tim pemenangan.

"Kalau ada tim pemenangan yang sudah terbentuk, itu tidak bisa dikatakan tim pemenangan cagub-cawagub. Karena sekarang belum waktunya pendaftaran dan penetapan paslon. Kalau sudah penetapan paslon, baru boleh dikatakan tim pemenangan cagub-cawagub," ujarnya.

Menurutnya, tahapan penetapan paslon masih cukup panjang, dan persyaratannya tidak hanya surat rekomendasi dari parpol saja. Tapi juga tes fisik hingga administrasi bagi paslon tersebut.

"Saya yakin, sebelum waktu pendaftaran, tim gabungannya sudah lengkap. Kalau sekarang kami belum membentuk, karena waktunya masih sebulan lebih," jelasnya.

Meski belum terbentuk tim pemenangan, kata Renville, motor penggerak dari Partai Demokrat sudah berjalan.

"Demokrat mungkin agak beda dengan partai lain. Artinya, kami tidak menunggu pasangan calon. Di Demokrat tidak menunggu calon, sudah bergerak. Dan kami taat dan patuh pada instruksi majelis tinggi serta ketua umum. Ketika sudah ada intsruksi, maka kami bergerak," terangnya.

Ketika Demokrat sudah memberikan rekomendasi untuk Khofifah-Emil, maka pengurus dan akder partai, langsung begerak untuk mengenalkan paslon Khofifah-Emil melalui door to door.

"Kami bergerak untuk memastikan bahwa, masyarakat di Jawa Timur paham bahwa, era gubernur saat ini Soekarwo, tingkat kepuasan dari masyarakat diatas 65 persen. Itu artinya, masyarakat menginginkan keberhasilan Pakde Karwo diteruskan kepada Bu Khofifah. Itu yang terus kami jelaskan kepada masyarakat baik secara lisan, door to door maupun iklan di media sosial, media massa," tandasnya.

Parpol yang dikabarkan mengusung dan mendukung Khofifah-Emil yakni, Demokrat, Golkar, Hanura, NasDem, PPP. Serta PAN dan Gerindra.

Ditanya tentang bagaimana perkembangan komunikasi dengan parpol pengusung Khofifah-Emil menghadapi Pilgub Jatim 2018 nanti.

"Kalau Demokrat, sudah pasti dan tidak akan dirubah rekom yang sudah diberikan Bu Khofifah dan Emil. Saya tidak tahu kalau dari partai lain," katanya.

Ia mencontohkan, sudah berkomunikasi dengan Ketua Harian dan Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Timur. Namun, yang dibahas tentang pemilihan 18 kepala daerah kabupaten dan kota.

"Saya sudah bicara dengan Pak Freddy (ketua harian). Saya sudah komunikasi dengan Bang Sahat (Sekretaris). Tapi yang dibahas itu pilkada kabupaten dan kota, yang Demokrat dan Golkar, sama-sama mengusung calon kepala daerah di 18 pilkada daerah," tandasnya.
(roi/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed