AM Fatwa Berjuang Lawan Kanker Hati sejak 2 Tahun Lalu

Zunita Amalia Putri - detikNews
Kamis, 14 Des 2017 12:13 WIB
AM Fatwa Meninggal Dunia (Zunita/detikcom)
Jakarta - Senator Andi Mapetahang Fatwa atau yang akrab disapa AM Fatwa meninggal dunia tadi pagi. Dia selama ini berjuang melawan penyakit kanker hati yang dideritanya.

"Jenis penyakitnya kanker hati. Diagnosa lebih 2 tahun lalu," kata putra kelima AM Fatwa, Rijal Fatwa, kepada wartawan di rumah duka, Jalan Condet Pejaten No 11, Kompleks Bappenas, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017).

Rijal FatwaRijal Fatwa (Zunita/detikcom)

Rijal mengatakan, selama 2 tahun terakhir, keluarga terus berusaha yang terbaik untuk kesembuhan ayah 5 anak dan 7 cucu ini. Berbagai macam pengobatan hingga ke Singapura telah dijalani.

[Gambas:Video 20detik]



Dia mengatakan AM Fatwa kurang-lebih tiga hari dirawat di RS MMC Jakarta. Sore kemarin, Rabu (13/12), kondisi kesehatan AM Fatwa terus menurun hingga dipindahkan dari ruang perawatan ke ICU.

Tuhan berkehendak lain, sosok kelahiran Bone, Sulawesi Selatan, 12 Februari 1939 ini meninggal pada Kamis (14/12) pagi tadi pukul 06.17 WIB di RS MMC Jakarta.


Jenazah AM Fatwa saat ini masih disemayamkan di rumah duka. Rencananya, pukul 15.00 WIB nanti, jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Rumah duka dipenuhi keluarga, pelayat, dan rekan almarhum semasa hidup. Tampak hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan.


(hri/fdn)