DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 09:11 WIB

Fahira Idris: AM Fatwa Tokoh Konsisten dan Berani

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Fahira Idris: AM Fatwa Tokoh Konsisten dan Berani Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Anggota DPD RI perwakilan DKI Jakarta, Andi Mapetahang Fatwa (AM Fatwa) meninggal pagi tadi. Rekan dari senator DKI, Fahira Idris mengaku kagum degan sosok dari AM Fatwa yang dinilai konsisten dan berani dalam berjuang.

"Di Indonesia, tokoh seperti AM Fatwa bisa dihitung dengan jari. Kecintaan terhadap Indonesia membuat dirinya ikhlas menempuh resiko mengorbankan kebebasannya bahkan nyawanya sekalipun. Setiap rezim berubah menjadi otoriter, Pak Fatwa-lah tokoh yang berada paling depan melawan. Dia menjadi ikon perlawan dan sikap kritis terhadap rezim Orde Lama dan Orde Baru," kata Fahira dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Kamis (14/12/2017).

Fahira menilai AM Fatwa sebgai sosok yang konsisten memihak kebenaran. Dia menuturkan AM Fatwa banyak berkorban untuk memperjuangkan idealismenya.

"Dia rela tubuhnya didera, jiwanya dibelenggu dan kebebasannya direnggut demi konsistensinya memihak kebenaran dan menyuarakan suara rakyat yang dizalimi. Dia rela kehilangan sebagian besar umurnya di penjara demi melihat Indonesia menjadi negara besar yang demokratis. Jika bicara konsistensi, keberanian, dan bertanggung jawab, AM Fatwa-lah orangnya," jelas Fahira.

Sebelumnya, AM Fatwa diketahui meninggal dunia pada usia 78 tahun. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DKI Jakarta ini meninggal di Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebelum menjadi anggota DPD, AM Fatwa pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI di periode 1999-2004. AM Fatwa juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2004-2009.



(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed