DetikNews
Kamis 14 Desember 2017, 08:09 WIB

AM Fatwa Wafat, Anies: Beliau Pejuang Tangguh Sejak Masa Muda

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
AM Fatwa Wafat, Anies: Beliau Pejuang Tangguh Sejak Masa Muda Anies Baswedan saat menjenguk AM Fatwa (Foto: Dok. Instagram Anies Baswedan)
Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Andi Mapetahang Fatwa atau yang dikenal AM Fatwa meninggal dunia pagi hari tadi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan duka cita.

Anies menjenguk Fatwa pada Rabu 13 Desember 2017 malam. "Semalam, saat sudah agak larut, menjenguk Bapak Andi Mapetahang Fatwa. Pagi ini saat sedang di lokasi proyek LRT, telepon berdering. Tertulis di layar: AM Fatwa. Saya angkat dan terdengar suara ajudannya. Agak hening lalu berkata, "Pak Anies, Bapak baru saja wafat."," tulis Anies di akun Instagramnya, Kamis (14/12/2017).

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Seorang pejuang telah dipanggil pulang, kembali ke Rahmatullah...," sambungnya.

AM Fatwa Wafat, Anies: Beliau Pejuang Tangguh Sejak Masa MudaFoto: Dok. Instagram Anies Baswedan

Anies mengatakan pada saat menjenguk, AM Fatwa dalam kondisi menurun. AM Fatwa lalu dipindah ke ruang ICU.

Anies mengenang sosok Ketua Badan Kehormatan DPD RI ini sebagai pejuang tangguh. Dia mengaku sudah kenal lama, sering berjumpa, dan berdiskusi dengan AM Fatwa.

"Beliau adalah seorang pejuang tangguh sejak masa mudanya. Saya masih kecil, saat beliau sering ke Jogja dan menginap di rumah. Saat itu beliau sudah dikenal sebagai tokoh PII," ujarnya.

[Gambas:Instagram]


Anies menceritakan selalu bergelora semangatnya setelah mengobrol dengan AM Fatwa. Meski berusia 78 tahun, Anies menilai, AM Fatwa tak pernah menua semangatnya.

"Pak Fatwa selalu bersemangat muda hingga akhir hayatnya," ujarnya.

Anies mengatakan bangsa Indonesia telah kehilangan salah satu putra terbaiknya. Dia berdoa untuk segala kebaikan bagi mendiang AM Fatwa.



(jbr/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed