DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 17:21 WIB

Aksi Bela Palestina, Polri Siapkan Pengamanan Khusus di Kedubes AS

Audrey Santoso - detikNews
Aksi Bela Palestina, Polri Siapkan Pengamanan Khusus di Kedubes AS Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal. (Istimewa)
Jakarta - Polri mengatakan pengamanan khusus disiapkan di Kedutaan Besar Amerika Serikat saat Aksi Bela Palestina Minggu besok. Pengamanan khusus diterapkan mengingat adanya gejolak di masyarakat.

"Ya jelas dong (ada pengamanan khusus). Pengamanan kedutaan besar itu rutinitas, sudah ada proses pengamanan yang khusus. Apalagi Polri sudah paham bahwa ada gejolak, dengan statemen tentang Yerusalem ini," ujar Iqbal di STIK/PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2017).



Menurut Iqbal, pengamanan oleh kepolisian tak melulu dengan memasang barikade atau menyiagakan kendaraan taktis seperti water cannon. Tetapi juga melalui komunikasi-komunikasi dengan pihak yang mempermasalahkan.

"Proses pengamanan itu kita lakukan dengan cara soft power juga, kita lakukan komunikasi. Nah itu adalah proses pengamanan yang komprehensif," terang Iqbal.

Iqbal kemudian mengimbau massa aksi tertib, tidak mengganggu ketertiban umum dan tidak melanggar hukum. Terkait ada-tidaknya surat pemberitahuan aksi dari panitia, lanjut Iqbal, kepolisian belum menerima.

"Harus tertib, damai, tidak mengganggu masyarakat lain, tidak melanggar hukum. Sampai saat ini belum (terima surat pemberitahuan)," tutup dia.



Aksi Bela Palestina akan digelar pada Minggu (17/12) nanti di Jakarta. Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) KH Bachtiar Nasir mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan memimpin aksi ini.

"Hari ini kita umumkan bahwa insyaallah Majelis Ulama Indonesia akan bersedia memimpin aksi umat Islam bersatu membela Palestina," kata Bachtiar dalam jumpa pers di Masjid Raya Pondok Indah, Jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2017).
(aud/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed